Kebun Raya Bogor Gelar Salat Idulfitri 1445, Begini Caranya
Salat diselenggarakan di Kebun Raya Bogor (dok KRB)

Bagikan:

BOGOR - Dalam hitungan hari, umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah atau akrab disebut Lebaran. Salah satu ciri khas utama dari Lebaran adalah salat Idulfitri. Buat Anda yang masih bingung mau salat Idulfitri dimana? Kebun Raya Bogor bisa menjadi alternatif pilihan.

Pelaksanaan salat Idulfitri di Kebun Raya Bogor ini sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Namun, pada saat Pandemi Covid 19 kegiatan tersebut sempat dihentikan.

Setelah masa pandemi berlalu, Pemerintah Republik Indonesia memberikan ijin untuk pelaksanaan salat berjamaah, sehingga kegiatan tersebut kembali diadakan oleh Kebun Raya Bogor pada tahun 2023.

“Kami sebagai mitra pengelola Kebun Raya berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, terutama warga Kota Bogor. salat Idulfitri di Kebun Raya Bogor merupakan tradisi yang sudah dilakukan dari sejak lama dan kami akan terus melakukan itu untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujar General Manager Kebun Raya Bogor, Andreas F Kindangen, Sabtu 7 April.

General Manager Corporate Communication PT Mitra Natura Raya, Zaenal Arifin menambahkan kegiatan ini adalah kegiatan rutin dari Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Masjid Kifayatul Abidin Kebun Raya Bogor yang dijalankan setiap tahunnya, sebagai bagian dari kegiatan sosial antara pengelola Kebun Raya Bogor dan masyarakat Kota Bogor agar terjalin silaturahmi yang baik.

Pelaksanaan salat Idulfitri di Kebun Raya Bogor akan dilaksanakan di area Reinwardt (area dekat ecodome). Para jamaah salat Idulfitri di Kebun Raya Bogor dapat langsung datang ke Kebun Raya Bogor pada saat pelaksanaan Hari Raya Idulfitri dan dapat masuk melalui Pintu 3.

Para jamaah yang ingin melaksanakan salat Idulfitri di Kebun Raya Bogor tidak dipungut biaya tiket masuk, Adapun pelaksanaan salat Idul Fitri dilaksanakan pada pukul 06.00 hingga 08.00 WIB.

Setelah itu pengunjung dapat meninggalkan area Kebun Raya Bogor untuk menjalankan aktivitasnya di luar area Kebun Raya Bogor.

Seperti tahun sebelumnya, mayoritas jamaah berasal dari masyarakat area sekitar Kebun Raya Bogor, terkadang dihadiri oleh para pejabat di Kota Bogor.

Untuk salat Idulfitri tahun ini, akan diimami oleh Ustadz Suhendi Al-Khathab, M.A. Pada pelaksanaan tahun 2023, jamaah yang hadir berkisar 2000 orang, jamaah datang dengan tertib dan mengalir sejak pukul 05.30 WIB hingga 07.00 WIB.

“Kami berharap tahun ini jamaah salat Idulfitri dapat lebih khusyuk dan nyaman dengan melaksanakan salat di area Kebun Raya Bogor dimana dikelilingi oleh aneka tumbuhan hayati yang mengiringi jamaah melaksanakan salat Idulfitri. Kami juga berharap pada jamaah setelah melaksanakan salat Idulfitri dapat bersilaturahmi dengan keluarga dirumah,” ujar Zaenal yang juga merupakan Wakil Ketua DKM Masjid Kifayatul Abidin Kebun Raya Bogor.

Selain salat Idulfitri di kebun, selama masa libur lebaran Kebun Raya Bogor menghadirkan bazar yang telah rutin dilakukan setiap tahunnya dengan nama Taman Hari Raya.

"Kami berharap selama musim libur lebaran, pengunjung dapat naik hingga 100 persen dari hari biasa,” ujar Manager Sales & Marketing Kebun Raya Bogor, Susi Suparlina.

Susi Suparlina menambahkan dalam mempersiapkan masa libur lebaran Kebun Raya Bogor melakukan berbagai peningkatan fasilitas umum agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.