Cegah Tawuran, Remaja di Johar Baru Jakpus Ikut Serta Lomba Agustusan
Warga Johar Baru mengikuti lomba jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Kawasan padat penduduk yang rawan tawuran antar kelompok pemuda di RW 02, Kelurahan Johar Baru, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, mulai mengisi kegiatan positif dengan melakukan berbagai kegiatan perlombaan dalam menyambut HUT RI ke-78 pada Senin, 14 Agustus.

Kegiatan positif itu dilakukan oleh Karang Taruna RW 02 Kelurahan Johar Baru dalam upaya menekan angka tawuran di kawasan Johar Baru. Kegiatan perlombaan antar remaja hingga pemuda tersebut juga mendapat dukungan dari salah satu tokoh masyarakat Johar Baru yang juga merupakan mantan Kapolsek Johar Baru, Edison.

"Pemuda ke depan harus mengisi dengan berbagai kegiatan yang baik, yang bagus, agar dimasa akan datang karang taruna ini bisa lebih maju," kata Edison, mantan Kapolsek Johar Baru periode 2021 hingga 2022 itu.

Edison mengatakan, semenjak dirinya menjabat sebagai Kapolsek Johar Baru, tawuran di wilayah Johar Baru dapat diredam. Hampir selama dirinya menjabat tidak ada tawuran antar kelompok warga dan remaja di Johar Baru.

"Karena kita lakukan pendekatan dengan para tokoh, Rt/Rw, warga dan kelompok pemuda termasuk karang taruna. Karena kita semua sama di mata yang maha kuasa, semua saya rangkul dan alhamdulillah pada masa saya menjabat tidak ada tawuran di Johar Baru," ujarnya.

Sementara dalam peringatan HUT RI ke-78, Edison juga turut mendukung program para pemuda karang taruna di Johar Baru. Salah satu dukungan yang diberikan dirinya kepada para pemuda yakni dengan memberikan sejumlah pakaian seragam untuk rangkaian kegiatan perlombaan dan karnaval.

"Kita bantu baju untuk anak-anak karang taruna, jadi pakai seragam pada pelaksanaannya 17 agustus kemerdekaan RI. Jangan dilihat dari kaosnya, nilainya, lihat keikhlasan saya ngasih untuk merayakan HUT RI," kata Edison.

Sementara Ketua Karang Taruna RW 02, Fani merespon positif atas pemberian bantuan pakaian seragam dari mantan Kapolsek Johar Baru itu. Dikatakan Fani, meski Edison sudah pensiun sebagai Kapolsek Johar Baru namun perhatiannya masih terus ada kepada warga khususnya pada remaja dan pemuda agar tidak melakukan tawuran.

"Saya mewakili pemuda Johar Baru berterima kasih untuk bapak Edison atas bantuannya. Untuk kegiatan perlombaan di RW 02 acara agustusan para remaja dilaksanakan sejak tanggal 12 sampai 19 Agustus. Semoga pak Edison terus mendukung kita sebagai anak muda yang terus berkegiatan kreatif menghindari tawuran," katanya.