Spanyol Luncurkan Kereta Peluru Bertarif Murah Rute Madrid - Barcelona
Renfe Avlo. (medachica.com)

Bagikan:

JAKARTA - Meski pandemi COVID-19 masih berlangsung, Spanyol terus melakukan perluasan layanan kereta berkecepatan tinggi, berbasis kereta peluru yang tetap dijalankan tahun ini.  

Ya, saat operator transportasi di dunia banyak yang terpaksa mengandangkan armadanya karena banyaknya pembatasan akibat COVID-19, layanan kereta peluru berbiaya rendah Avlo milik perusahaan kereta Spanyol Renfe, meluncurkan layanan baru. 

Januari lalu, Renfe Avlo meluncurkan layanan kereta peluru berkecepatan tinggi yang menghubungkan dua kota besar di Spanyol, Madrid dan Barcelona yang memiliki jarak 500 kilometer hanya dalam waktu dua jam setengah saja. 

Jika menggunakan pemberhentian tambahan di Guadalajara, Calatayud, Zaragosa, Llieda, Tarragona dan Girona, keseluruhan perjalanan akan memerlukan waktu sekiat tiga jam. 

Kereta yang dapat melaju dengan kecepatan hingga 330 kilometer per jam ini memiliki 438 kursi penumpang. Nantinnya, rute ini akan memiliki empat jadwal perjalanan pulang-pergi mulai 23 Juni mendatang. Tarifnya? Mulai dari 5 euro atau 6 dolar AS saja. 

renfe avlo
Renfe Avlo. (Sumber: Renfe)

Harga tiket tersebut merupakan harga promo yang berlaku untuk perjalanan hingga Desember mendatang. Ya, layanan ini diluncurkan berbarengan dengan ulang tahun ke-80 Renfe. Sementara, harga standar tiket kereta ini mulai dari 10 euro hingga 60 euro.

Semula, layanan ini akan diluncurkan pada Apri 2020 lalu. Namun, tertunda lantaran pandemi COVID-19. Total ada 112 kereta berkecepatan tinggi yang disiapkan Renfe untuk layanan baru ini. 

Avlo pada dasarnya adalah alternatif yang lebih murah untuk jaringan Renfe Alta Velocidad Española (AVE). Sang kakak yang beroperasi pada jaringan rel kecepatan tinggi terpanjang kedua di dunia, setelah layanan kereta peluru China.

Menariknya, meski belum resmi beroperasi, layanan ini sudah menghadapi persaingan tarif murah dengan jaringan Ouigo milik perusahaan kereta Prancis SNCF, yang juga menawarkan layanan kereta berkecepatan tinggi dengan tarif murah antara Madrid - Spanyol.

renfe avlo
Interior Renfe Avlo. (Sumber: Renfe)

Ya, untuk harga promosi saat peluncuran, tiket Ouigo hanya dibanderol 1 euro. Sementara, harga tiket standarnya mulai dari 9 euro untuk satu kali perjalanan. Dan, kereta ini baru akan diluncurkan pada Mei 2021 mendatang.

Terlihat prospektif, namun sat ini Spanyol masih melakukan pembatasan. Jam malam nasional masih berlaku dan baru akan dicabut pada Mei mendatang, jika tidak ada perubahan. Spanyol sendiri merupakan salah satu negara yang memberlakukan penguncian ketat.

Penduduk saat ini hanya diizinkan meninggalkan rumah untuk bekerja, untuk pendidikan, membeli obat, atau merawat orang tua atau anak-anak, dan masker wajib digunakan di angkutan umum dan di ruang publik dalam ruangan.