Bagikan:

JAKARTA - PT Transjakarta mengalihkan sejumlah rute pads layanan busnya yang melintasi kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Hal itu sebagai imbas adanya aksi unjuk rasa yang digelar kelompok buruh pada hari ini.

Dijadwalkan, buruh akan melakukan demonstrasi menolak UU Cipta Kerja dan berbagai isu lainnya. Mereka berkumpul di patung Tugu Tani, untuk kemudian berjalan kaki ke gedung Mahkamah Konstitusi (MK) dan Istana Negara.

Kepala Departemen Humas dan CSR PT Transjakarta Wibowo menyebut, penyesuaian rute ini dilakukan agar tetap melayani pengguna Transjakarta yang bermobilitas di rute-rute terdampak.

“Kami minta pelanggan untuk dapat mengatur perjalanan selama penyesuaian ini berlangsung. Layanan akan beroperasi normal apabila jalur sudah bisa dilintasi kembali,” kata Wibowo dalam keterangannya, Rabu, 9 Agustus.

Berikut adalah pengalihan layanan Transjakarta akibat aksi unjuk rasa hari ini:

1. Blok M - Kota (Koridor 1)

Mengalami penyesuaian pada arah Kota sementara untuk arah sebaliknya beroperasi normal sehingga tidak melayani Halte Monas dan Bank Indonesia.

Rute pengalihan arah Kota mulai dari Blok M - Sarinah - lampu merah Sarinah keluar jalur - lampu merah Bank Indonesia belok kiri - Jalan Kebon Sirih - Hotel Millenium belok kiri - Jalan Fachrudin - Jati Baru - Jalan Cideng Barat - lampu merah Tarakan belok kanan - Halte Petojo - lampu merah Harmoni belok kiri - Harmoni - Kota.

2. Pantai Maju - Balaikota (1A)

Mengalami pengalihan rute untuk arah Pantai Maju sehingga tidak melayani Halte Balaikota. Sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

Rute pengalihannya dari Jalan Medan Medeka Selatan - Jalan Medan Merdeka Timur - belok kiri ke Jalan Medan Merdeka Utara - belok kanan menuju lampu merah Harmoni.

3. Monas - Pulogadung (Koridor 2)

Mengalami pengalihan rute untuk arah Pulogadung sehingga tidak melayani pelanggan di Halte Monas, Balaikota dan Gambir 2. Sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

Rute pengalihannya, dari Halte pecenogan keluar jalur lanjut sampai lampu merah Harmoni - putar balik balik arah Juanda - via pejambon lanjut halte Kwitang untuk halte yang dilalui saat pengalihan tetap pelayanan.

4. Pulogadung - Rawabuaya (2A)

Mengalami pengalihan rute untuk arah Pulogadung sehingga tidak melayani pelanggan di Halte Monas, Balaikota dan Gambir 2. Sementara arah sebaliknya beroperasi normal.

Rute pengalihannya, dari Halte Pecenogan keluar jalur lanjut sampai lampu merah Harmoni - putar balik balik arah Juanda - via Pejambon lanjut halte Kwitang untuk halte yang dilalui saat pengalihan tetap pelayanan.

5. Kalideres - Juanda (Koridor 3)

Mengalami pengalihan rute untuk kedua arah.

Rute pengalihan arah Juanda mulai dari Kalideres - Sumber Waras - Cideng - Petojo - Lampu merah Harmoni - Juanda. Rute pengalihan arah Kalideres mulai dari Juanda - lampu merah Harmoni - lurus Petojo - Cideng - Sumber Waras - Kalideres.

6. PGC - Juanda (Koridor 5)

Mengalami pengalihan rute pada kedua arah sehingga tidak dapat melayani pelanggan untuk sementara pada halte Balaikota dan Monas.

Rute pengalihan arah Juanda mulai dari PGC - Pal Putih - Kwitang - Tugu Tani - lurus Gambir 1 - Istiqlal - juanda - Pecenongan putar balik. Sementara, arah PGC mulai dari

Pecenongan - Juanda - lurus lampu merah Almabar - Budi Utomo - PGC.