Perbaikan Jalan di Jakarta Dikebut Jelang KTT ASEAN, Heru Budi Minta Maaf Aktivitas Warga Terganggu
FOTO DOK ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menggencarkan perbaikan jalan jelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang digelar pada tanggal 5-7 September 2023. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta maaf jika perbaikan jalan ini mengganggu masyarakat dalam berkegiatan.

Ruas-ruas jalan yang diperbaiki mulai kawasan Bandara Halim Perdanakusuma, Senayan, Slipi, sekitar kantor ASEAN, hingga Istana Negara.

Hal ini disampaikan Heru dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 bertajuk Road to ASEAN Summit yang mengangkat tema "Kota Cerdas ASEAN, Tingkatan Kualitas Hidup" yang digelar secara daring.

"Pada kesempatan ini saya mau minta maaf kepada masyarakat kadangkala malam hari tergangu," kata Heru, Selasa, 8 Agustus.

Heru menerangkan perbaikan jalan di masa ini bertujuan untuk mempercantik penataan kota Jakarta setibanya para delegasi KTT ASEAN tiba. Karenanya, Heru meminta masyarakat untuk ikut menjaga infrastruktur-infrastruktur yang telah ditata.

"Sekarang (perbaikan jalan) sudah masuk Gatot Subroto, masuk Kuningan, Rasuna Said, sudah dirapikan, sudah dimuluskan. Jadi, siapa saja yang naik sepeda naik motor, jalan kaki, tentunya ini harus dirawat," kata dia.

Selain itu, Heru juga mengatakan pihaknya telah melakukan pengurangan emisi karbon. Pengurangan emisi karbon ini dilakukan dengan berbagai cara, seperti penggunaan kendaraan listrik, penanaman pohon, dan penggunaan energi terbarukan.

Program peninggian tanggul pantai dan rencana pembangunan Giant Sea Wall juga dapat menjadi bukti konkret dalam menjaga ketahanan wilayah pantai Jakarta dari efek perubahan iklim.

Heru juga mengonfirmasi rencana pemerintah yang telah mengatur penggunaan mobil listrik bagi delegasi KTT. Menurutnya hal ini menjadi langkah nyata Indonesia dalam mendukung upaya penurunan emisi karbon.

"Kami ingin KTT ASEAN menjadi acara yang ramah lingkungan," kata Heru.