Rusia Bakal Terima 30 Kapal Perang dari Berbagai Kelas, Presiden Putin: Bangun Kekuatan Angkatan Laut
Kepala Staf AL Rusia Laksamana Nikolai Yevmenov, Presiden Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu. (Sumber: Kremlin)

Bagikan:

JAKARTA - Rusia terus membangun kekuatan Angkatan Lautnya yang akan menerima 30 kapal perang dari berbagai kelas sepanjang tahun ini, kata Presiden Vladimir Putin saat menghadiri Parade Armada dalam Hari Angkatan Laut pada Hari Minggu di St. Petersburg.

"Hari ini, Rusia dengan percaya diri mengimplementasikan tujuan-tujuan berskala besar dari kebijakan maritim nasionalnya dan dengan gigih membangun kekuatan Angkatan Lautnya. Tahun ini saja, 30 kapal perang dari berbagai kelas akan bergabung," kata pemimpin Rusia itu, dilansir dari TASS 31 Juli.

Tahun ini, Parade Armada Angkatan Laut Rusia digelar di Sungai Neva dan Kronshtadt yang diikuti 45 kapal perang dari berbagai kelas yang berdinas di Armada Utara, Pasifik, Baltik dan Laut Hitam, serta sekitar 3.000 tentara.

presiden putin
Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri parade armada Angkatan Laut Rusia. (Sumber: TASS/Sergei Karpukhin via Kremlin)

Mengutip Reuters, Presiden Putin didampingi oleh Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Kepala Staf Angkatan Laut Rusia Laksamana Nikolai Yevmenov.

Kremlin mengatakan, empat kepala negara Afrika dan perwakilan dari lima negara Afrika lainnya hadir dalam acara tersebut, usai mengikuti KTT Rusia-Afrika yang berakhir Hari Jumat.

Di antara deretan kapal perang baru yang memasuki dinas Angkatan Laut Rusia, ada korvet rudal Merkurius yang dinamai untuk menghormati kapal layar Armada Laut Hitam yang meraih kejayaannya pada Perang Rusia-Turki 1828-1829, ungkap kepala negara.

"Adalah baik bahwa tradisi pemberian nama untuk kapal Angkatan Laut Rusia telah dihidupkan kembali. Bendera Angkatan Laut Sankt Peter dikibarkan di atas kapal Merkurius yang baru sebagai tanda tradisi angkatan laut kami yang dilestarikan, simbol keberanian, keberanian, dan ketabahan para pelaut," kata Presiden Putin.