Bima Arya Sesumbar, Kota Bogor Bakal Bebas Angkot Desember 2023
Puluhan angkot di ruas jalan Mayor Oking kawasan Stasiun Bogor (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menegaskan Kota Bogor, Jawa Barat bakal bebas angkot mulai Desember 2023. Saat ini proses transisi sedang dilakukan dengan mengkonversi angkot dengan Bus Kita Trans Pakuan.

"Angkotnya nanti minggir. Desember ini di jalur utama (Kota Bogor) gak ada angkot lagi, itu dalam rangka menyambut LRT yang belum datang-datang sampai sekarang," ungkap Bima Arya di acara Sewindu PSN di Jakarta, Kamis 27 Juli.

Bima Arya bilang meskipun LRT Jabodebek belum terhubung sampai Kota Bogor, menghilangkan angkot akan tetap dilakukan. Nantinya masyarakat bisa mengandalkan Bus Kita Trans Pakuan.

"Makanya kita buat konversi angkot jadi bus, makanya kita desain trem dalam rangka menyambut LRT. Kalau 45 menit dari Baranangsiang ke Dukuh Atas itu berarti kita harus siap-siap membangun sarana TOD nya. Nah ini sedang kita siapkan," ujarnya.

Untuk saat ini, penumpang LRT Jabodebek yang ingin menuju ke Kota Bogor bisa transit di Stasiun Harjamukti. Dari sana, Pemkot Bogor sudah menyiapkan Bus Kita Trans Pakuan yang mengantarkan penumpang ke Kota Bogor.

"Ada unit khusus dari Trans Pakuan yang nyambung ke Depok Harjamukti dalam rangka menyambut itu juga yang keretanya belum datang, tapi kita udah nyusul duluan tuh pakai bus Trans Pakuan. 24 (Juli) kemarin sudah beroperasi," sebutnya.