Ketum Rabithah Alawiyah Apresiasi Silaturahmi Kapolri, Eratkan Lagi Komunikasi
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Rabithah Alawiyah Habib Zen Umar bin Smith menyebut kedatangan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai langkah baik. Silaturahmi ini disebut menyambung kembali hubungan yang sempat terputus.

Habib Zen mengatakan, pimpinan Korps Bhayangkara yang sempat datang yakni Jenderal (Purn) Tito Karnavian. Kemudian komunikasi sempat terputus ketika masa kepemimpinan Jenderal Idham Azis.

"Di zaman beliau melanjutkan beberapa waktu yang lalu kunjungan terakhir dari kapolri yang berkunjung ke sini itu zaman Pak Tito setelah itu terputus, baru beliau menyambung kembali. Jadi ini sebenarnya menyambung satu jembatan yang asalnya sudah ada dan terputus dan ini merupakan hal yang baik," ujar Habib Zen kepada wartawan, Sabtu, 30 Januari.

Dengan tersambungnya kembali komunikasi ini, kata Habib Zen, membuktikan pernyataan Listyo Sigit yang sempat menyebut di masa kepemimpinannya Polri akan melakukan pendekatan secara transparan dan humanis. 

"Dua hal ini yang saya pegang bahwa ini merupakan suatu kemajuan besar karena apa pun apabila pendekatan dialog preventif itu tidak akan terjadi hal-hal yang menjadikan kita seperti terpisah," kata dia.

Selain memperbaiki hubungan, kedatangan Listyo Sigit juga dimanfaatkan untuk berbicara persoalan pandemi COVID-19. Alasannya banyak pihak yang masih menganggap COVID-19 hanyalah konspirasi semata.

"Jadi sekali lagi, kunjungan beliau ke sini tidak lebih dari silaturahmi juga menjelaskan bagaimana kondisi negara kita dalam kondisi yang berat dengan adanya pandemi ini dan juga mengubah pola-pola pemikiran yang kadang-kadang mengartikan sendiri bahwa COVID-19 ini konspirasi atau apa," kata dia.