Polisi Turun Tangan Cek Hasil <i>Swab</i> Tanpa Tes Viral di Bandara Soekarno-Hatta
Ilustrasi (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan pengakuan seorang perempuan soal pengalamannya mendapatkan surat hasil negatif COVID-19, meski belum menjalani swab test.

Berdasarkan video yang diunggah akun TikTok @jessicasugiharta, kejadian itu terjadi posko pemeriksaan COVID-19 Drive -Thru Bandara Soekarno-Hatta.

Menanggapi hal tersebut Kasat Reskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol Alexander Yurikho akan menelusuri lebih lanjut untuk mencari tahu kejadian yang sebenarnya.

"Penyelidik Satuan Reskrim Polresta Bandara Soetta akan melakukan klarifikasi dan konfirmasi untuk mengetahui bagaimana kejadian yang sebenarnya," ujarnya kepada VOI, Sabtu, 30 Januari. 

Sebelumnya diketahui, pemilik akun TikTok @jessicasugiharta bersama dengan dua orang akan menjalani swab test COVID-19. Namun sayangnya saat berada di lokasi, hanya satu di antara mereka keluar dari mobil dan menghampiri pos pemeriksaan.

Kemudian, petugas meminta kartu identitas mereka sebagai syarat menjalani swab test. Usai memberikannya, satu orang yang sebelumnya menuju ke pos kembali dan mereka pun menunggu di mobil.

"Gue swab testt di bandara terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Jadi dateng-dateng itu, satu orang doang keluar dari mobil ke posnya itu. Jadi dia (petugs) minta KTP, tiga-tiganya. Terus abis ngasih KTP, disuruh bayar satu orang itu 200 ribu. Terus abis bayar disuruh nunggu di dalam mobil, jadi gue bertiga nunggu di dalam mobil," ucap perempuan itu dikutip dari akun Tik Tok @jessicasugiharta, Sabtu, 30 Januari.

Setelah menunggu beberapa saat, petugas menghampiri mobil perempuan itu. Selanjutnya, kartu identitas ketiganya pun dikembalikan beserta dengan surat yang awalnya dikira formulir yang harus diisi.

"Terus pas gue nunggu kira-kira 15 menitan atau 20 menit, kurang tahu juga. Terus disamperin orang yang pake baju APD. Terus dikasih balik KTPnya, jadi disesuain sama KTPnya," ungkapnya

"Gue kira kerta itu disuruh ngisi, karena gue baru pertama kali swab. Terus habis gue lihat, ternyata itu hasil swab, orangnya sudah pergi. Terus gue kira emang mungkin ditulis negatif kalau misalkan gue positif dicoret kali, gue pikir begitu," sambung dia.

Hanya saja yang terjadi, petugas itu tak mengetahui jika perempuan itu dan dua rekannya belum menjalani swab test. Tapi justru mereka sudah menerina hasil swab negatif COVID-19.

"Terus gue nungguin lagi selama 10 menit, gue ngga disaper-samperin lagi. Sampai akhirnya keluar mobil, nanya kita belum swab loh kok sudah dapat hasilnya. Lah, belum swab kak? Kaya gitu gitu gitu, sampai akhirnya kertasnya diambil lagi sama mereka," ucap dia.