Kemensos Laporkan 3 Distrik di Kabupaten Puncak Papua Tengah Alami Kekeringan
Ilustrasi kekeringan alibat fenomena cuaca El Nino. (Freepik)

Bagikan:

PAPUA - Kementerian Sosial (Kemensos) melaporkan ada tiga distrik terdampak kekeringan di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.

Plt Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos Adrianus Alla mengatakan, tiga distrik tersebut adalah Agandugume, Lambewi dan Oneri.

"Dua hari kami gagal terbang ke Distrik Sinak karena kendala cuaca, hari ini baru bisa tiba di sana untuk mengantarkan bantuan bahan makanan," katanya di Timika, Papua, Rabu 26 Juli, disitat Antara.

Menurutnya, pihaknya dibantu TNI dalam melakukan pendistribusian bantuan sosial ke Distrik Sinak dan mendapat informasi tambahan bahwa ternyata ada penambahan satu distrik lagi yang terdampak kekeringan yakni Oneri.

"Dari Distrik Sinak untuk dapat sampai ke Amandugume, Lambewi, dan Oneri, masyarakat harus menempuh perjalanan dua hari untuk mengambil bahan makanan," ujarnya.

Dia menjelaskan, hari ini ada rapat koordinasi antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak dengan berbagai stakeholder guna memastikan keamanan di wilayah tersebut.

"Saya melihat di sana rasa kesetiakawanan sangat tinggi, jadi yang terima langsung membagi untuk distrik lainnya, mereka sama-sama bergotong-royong me mengerahkan masyarakat untuk memikul barang," katanya.

Dia menambahkan di Distrik Sinak ada gudang penampung untuk menyimpan bantuan sosial yang diterima, untuk selanjutnya akan didistribusikan ke masing-masing distrik.

"Jarak antara distrik butuh waktu berhari-hari untuk mengambil bahan makanan, maka di sana disiapkan lumbung untuk menyimpan barang bantuan," pungkasnya.