Bagikan:

JAKARTA - Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dinyatakan positif COVID-19 usai menjalani tes cepat, membuat dirinya harus menjalani perawatan, tetapi masih mengkhawatirkan warganya terkait kemungkinan angin topan yang akan melanda negara itu.

Juru bicara Kantor Kepresidenan Taiwan Lin Yuchan mengatakan Hari Selasa, Presiden Tsai merasa sedikit tidak enak badan pada sore hari setelah menyelesaikan perjalanannya di pagi hari, dinyatakan positif COVID-19 setelah menjalani tes cepat.

"Presiden saat ini memiliki gejala ringan dan sedang dirawat oleh tim medis. Setelah mendapat saran profesional dari tim medis, presiden membatalkan perjalanan publiknya sore ini," sebutnya seperti melansir Central News Agency 25 Juli.

Lin Yuchan melanjutkan, Presiden Tsai mengucapkan kasih atas perhatian semua orang, percaya situasi epidemi di Taiwan telah stabil, dan pedoman pencegahan epidemi telah direncanakan secara profesional.

Dikatakannya, Presiden Tsai akan mengikuti saran tim medis untuk beristirahat. Namun, urusan negara yang relevan masih dikontrol secara ketat oleh tim yang berkuasa

"Presiden secara khusus menekankan topan terbesar yang mungkin akan melanda Taiwan dalam beberapa tahun terakhir akan datang. Ia meminta Perdana Menteri Chen Jianren dan tim administratif untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah, dalam melaksanakan berbagai tugas pencegahan topan untuk memastikan keselamatan masyarakat dan kelancaran berbagai fasilitas," ungkapnya.

Presiden Tsai juga mengingatkan masyarakat untuk tidak bersantai dan bersiap-siap menghadapi topan, kata Lin Yuchan

Sebelumnya, Presiden Tsai mendatangi Rumah Sakit Umum Tri-Layanan di Distrik Neihu, Taipei pada pagi hari untuk mengunjungi korban luka-luka akibat ledakan di sub-toko amunisi Keelung di bawah yurisdiksi Korps Angkatan Darat Keenam. Ia memberikan penghormatan kepada pihak keluarga mereka.

Diketahui, Presiden Tsai (66) telah menerima tiga dosis vaksin COVID-19 buatan Medigen Vaccine Biologics Corp, seperti mengutip Focus Taiwan.

Hingga saat ini, masih belum jelas apakah Tsai telah melakukan kontak dekat dengan Wakil Presiden Lai Ching-te selama beberapa hari terakhir.

Sedianya, Presiden Tsai akan mengunjungi Tainan pada Selasa sore untuk memeriksa latihan serangan udara Wanan dan latihan pencegahan bencana Min An di kota tersebut.

Malam harinya, Ia dijadwalkan kembali ke Taipei untuk mengunjungi markas Biro Cuaca Pusat, guna memeriksa persiapan menghadapi Topan Doksuri yang akan datang dalam beberapa hari mendatang.