Gedung SD di Palangkaraya Terbakar, Siswa Belajar Terpaksa Dipindahkan
Gedung SD di Palangkaraya terbakar (ANTARA)

Bagikan:

PALANGKARAYA - Gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) 9 Langkai di Jalan Nyai Balau Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah hangus terbakar, Senin 24 Juli malam. Kegiatan belajar mengajar dipindahkan ke sekolah terdekat sementara.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palangkaraya Gloriana Aden mengatakan kebakaran tersebut terjadi pada empat ruangan SDN 9 Langkai, Kelurahan Langkai, Kecamatan Pahandut mulai pukul 22.05 WIB.

"Dugaan sementara korsleting listrik, ditandai dengan menjalarnya api di sepanjang kabel listrik di dalam ruangan," kata Gloriana, Selasa 25 Juli pagi.

Ia menjelaskan, aparat kepolisian yang berada di sekitar lokasi kejadian akan melakukan penyelidikan terkait peristiwa tersebut.

Ia menyebut, kebakaran tak menimbulkan korban jiwa, namun kobaran api yang nyaris memakan seluruh bangunan sekolah tersebut berhasil dipadamkan oleh puluhan personel pemadam kebakaran (damkar) di lokasi kejadian.

"Beruntung nya kurang lebih sekitar setengah jam lebih, kobaran api yang berkobar berhasil dipadamkan oleh tim damkar yang berada di lokasi," katanya.

Tampak meskipun api sudah berhasil dijinakkan,  namun petugas damkar saat ini sedang melaksanakan pendinginan guna memastikan bahwa api benar-benar sudah padam secara menyeluruh.

Ia juga mengakui, kejadian tersebut sempat membuat heboh warga sekitar lokasi kejadian serta pengguna Jalan Nyai Balau dan sekitarnya.

"Petugas pun sudah memberi garis polisi, agar lokasi tersebut tidak dapat dimasuki oleh masyarakat, guna untuk kepentingan penyelidikan," katanya.

Petugas segera melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mencari tahu penyebab kebakaran.