Gedung Terbakar, 500 Murid SD di Pekanbaru Terpaksa Menumpang Belajar ke 3 Sekolah Lain
Kebakaran saat melanda SDN 83 Kota Pekanbaru pada Selasa malam (17/10/2023) menyebabkan 8 ruang kelas terbakar. (ANTARA/Tangkapan layar)

Bagikan:

RIAU - Ratusan murid Sekolah Dasar (SD) Negeri 83 Kota Pekanbaru, Provinsi Riau,  menumpang proses belajar mengajar ke tiga sekolah terdekat setelah gedung sekolah mereka terbakar pada Selasa malam. 

Kepala Disdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, sekitar 500 murid ditumpangkan ke tiga SD negeri terdekat. Mereka mengikuti proses belajar mengajar hingga gedung SD Negeri 83 bisa ditempati kembali.

"Jadi, sementara kita tumpangkan ke SD 29 dan 67. Dekat Puskesmas Harapan Raya, di situ ada tiga SD. Sementara di situ dulu, besok mereka sudah mulai belajar," kata Abdul Jama di Pekanbaru, Antara, Rabu, 18 Oktober.

Ratusan murid SD Negeri 83 ini bakal mengikuti proses belajar mengajar pada siang hingga sore hari. Dalam peristiwa kebakaran di Jalan Pontianak, Kecamatan Bukit Raya sebanyak delapan ruang kelas terbakar.

Api diduga berasal dari kabel listrik yang berada di luar sekolah. Api menjalar ke pohon hingga menyambar gedung sekolah.

"Jadi, murid masuk siang. Yang parah dua ruang kelas, yang enam ruang lagi hanya atap dan plafon terbakar," katanya.

Salah satu warga, Auzal mengatakan arus kebakaran berawal dari bunyi ledakan di salah satu ruangan dan api pun mulai kelihatan. "Arus api dari ujung ruangan, kemudian merambat ke ruangan lainnya dan mulai membesar," katanya.

Auzul menjelaskan mobil kebakaran datang sekitar 30 menit kemudian, dan api berhasil dipadamkan pukul 02.00 WIB. Ada tujuh mobil Damkar dan satu mobil water cannon dan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.