Selidiki Asal Virus Corona, Tim Ahli WHO Kunjungi Dua Lokasi Sensitif di Wuhan Hari Ini
Tim WHO di China. (Thomas Peter/Reuters via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Tim ahli Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan memulai kunjungan ke sejumlah tempat di Wuhan, China, untuk menelusuri asal-usul virus corona pada Jumat 29 Januari waktu setempat.

Laboratorium, pasar dan rumah sakit di Wuhan merupakan lokasi-lokasi yang akan dikunjungi. Tim ahli juga akan bertemu dengan para ilmuwan China.

Dari daftar lokasi kunjungan yang akan dilakukan, ada dua lokasi yang menarik, yakni pasar segar hidangan laut di daerah awal wabah, serta Institut Virologi Wuhan. Sebelumnya, China selalu menolak hipotesis kemungkinan wabah disebabkan kebocoran di laboratorium pemerintah.

"Penting untuk diingat, bahwa keberhasilan misi dan penelusuran asal-usul ini 100 persen bergantung pada akses ke sumber yang relevan," kata Thea Fischer, anggota tim dari Denmark kepada Reuters.

“Tidak peduli seberapa kompeten kami, seberapa keras kami bekerja dan berapa banyak batu yang kami coba putar, ini hanya dapat dilakukan dengan dukungan dari China,” imbuhnya.

Sebelumnya, tim ahli ini telah 'mengalami' sejumlah penundaan dan kekhawatiran akan keterbatasan akses, plus perselisihan antara China dan Amerika Serikat terkait keterbukaan informasi. 

Tim ahli pun sempat menjalani karantina selama 14 hari, setelah sebelumnya tiba di Wuhan pada awal Januari lalu. Sebelumnya, rencana kunjungan ini tertunda karena 'sikap' China yang engan terbuka.