PLN NTT Alirkan Listrik untuk Warga 9 Dusun di Pulau Flores
Sejumlah petugas PLN membangun jaringan untuk mengalirkan listrik bagi warga dusun di Pulau Flores, NTT. (ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT)

Bagikan:

KUPANG - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur mengalirkan listrik untuk memenuhi kebutuhan warga di sembilan dusun yang tersebar di tiga kabupaten di Pulau Flores.

"Pasokan listrik untuk warga di sembilan dusun ini akhirnya bisa terwujud untuk memenuhi harapan mereka menikmati listrik PLN untuk berbagai kebutuhan," kata Manager Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) PLN UIW NTT Albertus Koko dalam keterangan yang diterima di Kupang, Antara, Minggu, 16 Juli. 

Kesembilan dusun itu yakni Dusun Redo di Desa Urang, Dusun Topak di Desa Golo Langko, Dusun Pau di Desa Bangka Aja, Dusun Wancang, Dusun Nara, dan Dusun Timbang di Desa Ladur, Kabupaten Manggarai.

Selain itu, Dusun Wae Ciu, di Desa Satar Padut, Kabupaten Manggarai Timur, yakni Dusun Detubera dan Dusun Lioboto di Desa Detuwulu, Kabupaten Ende.

Koko menjelaskan, penyalaan pertama listrik telah dilakukan bagi sebanyak 107 pelanggan dari total sebanyak 727 pelanggan yang tersebar di sembilan dusun tersebut.

Berbagai infrastruktur kelistrikan, kata dia, telah dibangun untuk mengalirkan listrik ke sembilan dusun itu seperti jaringan tegangan menengah sepanjang 12,19 kilo meter sirkuit (km, jaringan tegangan rendah 36,69 kms, serta empat unit gardu berkapasitas 200 kilo volt ampere (kva).

Lebih lanjut, ia mengatakan, pembangunan jaringan listrik hingga ke dusun-dusun itu tidak mudah karena tantangan yang sangat besar berupa kondisi topografi alam berupa bukit dan hutan, akses jalan yang rusak dan sebagainya.

"Namun itu tidak menurunkan semangat kami karena adanya dukungan dari semua pihak sehingga bisa terselesaikan pembangunan jaringan dengan baik," katanya.

Koko menyampaikan terima kasih atas dukungan unsur pemerintah daerah dari bupati, camat, kepala desa, maupun tokoh masyarakat, toko agama, tokoh adat dan semua masyarakat yang membantu PLN mempermudah pembangunan jaringan listrik.

Ia berharap jaringan yang sudah dibangun dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat dengan cara mengajukan penyambung baru di rumah masing-masing.

"Kami jua berharap warga turut menjaga jaringan karena jika terjadi gangguan atau permasalahan di jaringan maka dampaknya bagi warga sendiri," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Satar Padut Fabianus Kabun mengapresiasi kerja keras PLN untuk menghadirkan listrik bagi warga di dusun-dusun termasuk Dusun Wae Ciu di desa setempat.

"Kami sangat berterima kasih kepada PLN karena harapan panjang warga untuk menikmati listrik PLN akhirnya terwujud," katanya.

Ia berharap kehadiran listrik PLN dapat dimanfaatkan secara optimal untuk berbagai