Turis Wajib Bayar Rp150 Ribu Jika Masuk Bali: Begini Alasannya
Turis Wajib Bayar Rp150 Jika Masuk Bali (Gambar Sebastian Pena Lambarri - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebentar lagi ada pungutan buat para wisatawan asing yang masuk ke Pulau Dewata yang diatur oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali secara langsung dari luar negeri atau secara tidak langsung melalui wilayah lainnya di Indonesia. Katanya sih nanti para turis wajib bayar Rp150 ribu jika masuk Bali loh! Apa iya?

Gubernur Bali, Wayan Koster berkata pungutan berlaku cuma satu kali sepanjang wisatawan asing liburan di Bali dengan nominal Rp150 ribu. Pungutan tersebut cuma menargetkan turis asing serta buat turis dalam negeri tidak bakal dikenai pungutan.

Pungutan yang harus dibayar lewat pembayaran secara elektronik ataupun e- payment sebesar Rp150. 000, ataupun jika disetarakan kurs ini USD 10," kata Koster dalam Rapat Paripurna DPRD ke- 26 di Kantor DPRD Provinsi Bali, dilansir dari ANTARA, Selasa, 12 Juli 2023.

Pelaksanaan pungutan untuk turis asing ini bakal berjalan pada tahun 2024 sebab masih membutuhkan transisi.

“ Butuh waktu transisi, diterapkan baru 2024," ujarnya.

Alasan Turis Wajib Bayar Rp150 Jika Masuk Bali

Pungutan tersebut bakal jadi pendapatan wilayah yang dimasukkan ke dalam Pendapatan Asli Daerah( PAD) serta bakal dimanfaatkan buat pemeliharaan ataupun proteksi kebudayaan serta lingkunan alam, dan pembangunan infrastruktur di kawasan wisata.

" Saya kira ini bakal diatur dalam peraturan yang lebih teknis. Setelah itu penerimaan dari pungutan untuk turis asing bakal diklasifikasikan ke dalam lain- lain pendapatan asli daerah yang legal sesuai peraturan Perundang- undangan," imbuhnya.

Pembangunan infrastruktur prioritas daerah bakal dikelola oleh fitur daerah serta pihak terpaut secara terencana.

Tidak hanya itu, Koster pula menyakini bila diterapkan, pungutan tersebut tidak bakal mempengaruhi terhadap kehadiran turis asing ke Bali. Namun ia memperhitungkan turis bakal bahagia bila duit mereka digunakan buat tingkatkan kenyamanan mereka.

" Tidak ada permasalahan. Jika telah digunakan buat kepentingan lingkungan, buat budaya, terlebih bakal dibentuk infrastruktur yang lebih bermutu sehingga melancong di Bali bakal jadi aman serta nyaman dan kondusif. Turis akan bagus," Tutupnya. 

Jadi setelah mengetahui turis wajib bayar Rp150 jika masuk Bali, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!