Inilah Pagoda Sata-Sahasra Buddha, Pagoda Tertinggi di Indonesia yang Baru Diresmikan
Acara peresmian Pagoda Sata-Sahasra Buddha, yang tercatat sebagai pagoda tertinggi di Indonesia, di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (8/7/2023). (Dok. ANTARA/Ogen)

Bagikan:

TANJUNGPINANG - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama, Supriyadi, pada hari Sabtu ini meresmikan pembukaan Pagoda Sata-Sahasra Buddha di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

Pagoda ini merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Acara peresmian pagoda ditandai dengan pemotongan pita dan pertunjukan barongsai.

Supriyadi mengungkapkan kepuasannya, setelah hampir tujuh tahun, pagoda yang indah dan megah ini akhirnya terwujud.

Pagoda Sata-Sahasra Buddha berlokasi di kompleks Vihara Avalokitesvara di Kota Tanjungpinang, memiliki ukuran 52 meter panjang, 32 meter lebar, dan 46,8 meter tinggi.

Supriyadi menyatakan bahwa pagoda ini pantas menjadi pagoda tertinggi dan mendapatkan rekor MURI. Ia berharap pagoda ini, yang berada di area seluas lebih dari 10 hektare, dapat menjadi pusat kegiatan keagamaan bagi umat Buddha dan juga sarana untuk membangun kerukunan antara umat beragama.

"Jadikan pagoda sebagai pusat kegiatan keagamaan, tempat meditasi, penghormatan, dan penyembahan, sehingga muncul motivasi dan semangat yang tinggi bagi umat Buddha," ujar Supriyadi dilansir ANTARA, Sabtu, 8 Juli.

Pagoda Sata-Sahasra Buddha di kompleks Vihara Avalokitesvara di Jalan WR Supratman Kilometer 14 Kota Tanjungpinang dikelola oleh Yayasan Maitri Paramitha.

Menurut Pemilik Yayasan Maitri Paramitha Hengky Suryawan, pembangunan Pagoda Sata-Sahasra Buddha berlangsung sekitar tujuh tahun mulai dari Juni 2016 sampai Juni 2023.

Pagoda yang dibangun dengan biaya sekitar Rp100 miliar itu terdiri atas sembilan lantai. Dindingnya dipasangi 20.708 keping keramik dengan motif patung Buddha yang dipesan khusus dari China.

"Kita dapat rekor MURI untuk pagoda tertinggi di Indonesia, yakni 46,8 meter, dan pagoda dengan pemasangan keramik motif Buddha terbanyak, yaitu 20.708 keping," kata Hengky.

Menurut dia, Pagoda Sata-Sahasra Buddha dapat menampung sekitar 2.000 pemeluk Buddha dalam kegiatan persembahyangan.

Wisatawan dari dalam maupun luar negeri juga bisa mengunjungi Pagoda Sata-Sahasra Buddha. Apalagi kompleks Vihara Avalokitesvara tempat pagoda itu berada sudah menjadi satu tujuan wisata warga lokal di Pulau Bintan.

Hengky menyampaikan bahwa sebelum pandemi COVID-19 wisatawan yang mengunjungi vihara tersebut bisa sampai delapan bus dalam sehari.

"Di dalam Vihara Avalokitesvara terdapat patung Dewi Kwan Im setinggi 22,8 meter dan meraih predikat tertinggi se-Asia Tenggara," pungkasnya.