Warga Solok Dikagetkan Temuan Hewan Langka Kukang Terluka di Depan Rumah
Petugas kesehatan hewan memeriksa satwa dilindungi Kukang ditemukan warga Solok (ANTARA)

Bagikan:

SOLOK - Warga menemukan satwa langka primata jenis Kukang dalam keadaan terluka di halaman rumah mereka di Kelurahan VI Suku, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Sumatera Barat.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar Ardi Andono membenarkan adanya laporan penemuan hewan langka dari warga di Solok.

"Petugas Resort Barisan Solok menerima laporan dari warga mengenai penemuan satwa yang dilindungi jenis Kukang," kata Ardi dikutip ANTARA, Kamis 6 Juli.

Primata jenis Kukang itu ditemukan di halaman rumah seorang warga yang bernama Dewisman. Kemudian warga setempat melaporkan penemuan itu ke BKSDA Sumbar.

Setelah menerima laporan, petugas Resort Barisan Solok segera mendatangi lokasi dan menerima penyerahan satwa tersebut. Petugas Resort Barisan Solok juga melakukan verifikasi terhadap satwa tersebut.

Satwa yang dilindungi itu berjenis kelamin jantan dengan luka pada kedua kaki di bagian belakang.

Petugas kemudian memberikan pertolongan pertama dan membawa satwa tersebut untuk diperiksa oleh dokter hewan terdekat.

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa suhu tubuh satwa tersebut rendah, yaitu 34,5 derajat celcius (hipotermia), sehingga memerlukan perawatan rawat inap untuk menormalkan suhu tubuhnya menjadi 37 derajat celcius.

Saat ini, satwa tersebut telah dirujuk ke drh. Zulfikar untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut serta perawatan yang intensif.

"Jika kondisi satwa sudah mulai membaik, selanjutnya satwa tersebut akan dievakuasi ke TTS Ketaping untuk perawatan lebih lanjut," ujar dia.