Mengenal Buro Happold yang Merancang Jakarta International Stadium
Mengenal Buro Happold (Instagram @buro_happold)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Dalam rilisan resmi pada Jumat 9/9/2022 lalu, Buro Happold disebut-sebut sebagai perancang Jakarta International Stadium (JIS) oleh Jakarta Propertindo (Jakpro). Hal itu seiring dengan tudingan JIS yang disebut belum layak menggelar laga uji coba FIFA Matchday oleh PSSI. Yuk mengenal Buro Happold lebih dekat!

Jakpro juga mengeluarkan bantahan atas asumsi tersebut. Tokoh sepak bola yang lain ialah Presiden Madura United, Achsanul Qosasi pula mempertanyakan kembali tuduhan yang dilayangkan PSSI tersebut serta ikut memercayai kinerja Buro Happold selaku stadion atap tertutup penuh termegah di Asia itu.

Lalu apa itu Buro Happold serta sepanjang apa pengalaman mereka di dunia konstruksi stadion? Berikut pembahasannya.

Mengenal Buro Happold

Buro Happold ialah perusahaan konsultan perencana asal Inggris yang sudah menanggulangi banyak proyek besar. Buro Happold sudah didirikan semenjak 1976 silam oleh Edmund Happold di Bath, Somerset, Inggris.

Mereka sudah mempunyai banyak kantor yang tersebar di seluruh dunia. Tercatat sejauh ini terdapat total 28 cabang markas yang terletak di bermacam benua.

Buro Happold tidak cuma fokus dalam proyek stadion semata, melainkan pula dalam bangunan yang lain semacam Museum Elizabeth II, Museum Liverpool, The Globe Theatre, serta lain sebagainya. Mereka pula yang merancang Stadion Emirates selaku markas Arsenal dikala ini.

Indonesia sendiri telah jadi salah satu langganan yang sering memakai jasa mereka. Buro Happold berfungsi dalam pembangunan Stadion Gelora Bung Karno( GBK) Persija Jakarta serta Mall Grand Indonesia.

Beberapa bangunan yang telah berdiri sampai disaat ini jadi fakta kualitas Buro Happold. JIS juga ialah proyek terkini yang ditangani oleh industri tersebut di Indonesia.

Ini kemudian jadi persoalan atas kelayakan JIS menggelar laga uji coba FIFA Matchday. Bila benar tidak sesuai standar FIFA, maka Buro Happold jadi salah satu yang bertanggung jawab. 

Jadi setelah mengenal Buro Happold, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!