Kisah Lelahnya Dokter di RS Wisma Atlet, Jungkir Balik karena Klaster Liburan
Ilustrasi (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ada sedikit cerita dari Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, yakni dr. Nadhira Anindita Ralena yang mengisahkan tentang perjuangan dirinya dan para tenaga medis untuk menghadapi lonjakan pasien COVID-19.

Dokter yang kerap kali dipanggil Dita itu menceritakan soal pasien COVID-19 di Wisma Atlet mengalami lonjakan drastis pada periode 5-15 Januari 2021 lalu.

"Malam 7-14 hari ke belakang saya jungkir balik," tulis Dita yang di kutip VOI dari situs blogging Kompasiana, Senin, 27 Januari.

Dita mengaku sempat berbincang dengan salah satu pasien, sambil menanyakan keluhan dan riwayat penyakit. Seorang pasien mengakui dia bersama rekan-rekan sekantornya baru saja pulang dari wisata.

"Mereka adalah teman sekantor yang menikmati liburan ke Labuan Bajo, dengan percaya diri karena hasil swab test negatif. Alhasil menikmati liburan dengan euforia dan lupa tidak berarti jika hasil swab test negatif akan negatif selamanya. Liburan akhirnya berakhir di Wisma Atlet dan menambah beban kami para tenaga medis yang sudah jungkir balik," ujarnya.

Dita dan rekan-rekan kesehatan yang menyadari adanya klaster wisata Tahun Baru ini cuma bisa geleng-geleng kepala dan menghela nafas sambil berkata, "Selamat datang kluster liburan".

Dita menyadari salah menyalahkan satu sama lain memang kodrat manusia, namun nihil gunanya dalam situasi ini. Menurut Dita, kala ini yang diperlukan cuma lah kesadaran masyarakat. Karena, hari ke hari kasus positif terus bertambah. Di saat di sebagian negara lain telah mulai melandai, grafik COVID-19 di Indonesia terus saja naik-naik ke puncak gunung.

Dokter Dita pun menuliskan beberapa pesan kepada masyarakat.

"Masyarakat agar tidak abai. Masyarakat agar tidak ceroboh. Berapa banyak lagi pasien yang menderita, berapa lama lagi kita harus terus begini. Kluster liburan nyata. Kluster keluarga nyata. Semua ini NYATA dan SERIUS," tutupnya.

Kasus Covid-19 Tembus 1 Juta Lebih

Seperti yang dilansir dari Antara, tenaga kesehatan berjalan menuju ruang perawatan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa, 26 Januari.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Sentra mengumumkan per Selasa, 26 Januari pukul 15.55 WIB, terdapat penambahan jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 13.094 orang sehingga sempurna sudah menempuh 1.012.350 kasus di Indonesia.