4 Hal yang Harus Dihindari Ketika Mengenakan Masker
Raffi Ahmad dan Presiden Jokowi mengenakan masker (Foto: IG @raffinagita1717)

Bagikan:

JAKARTA - Protokol kesehatan 3M: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak menjadi cara efektif untuk menghalau laju penularan COVID-19. Kedisiplinan diri untuk menjaga dan patuh pada 3M sangat berguna untuk menekan laju jumlah orang yang terpapar virus COVID-19.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut masyarakat harusnya mulai merenung setelah total kasus COVID-19 di Indonesia menembus angka 1 juta. Hal ini disampaikannya setelah melakukan rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menteri terkait di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 26 Januari. 

"Angka ini membuat kita harusnya membuat kita merenung," kata Budi dalam konferensi pers yang ditayangkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 26 Januari.

Karena itu pemakaian masker yang baik dan benar harus selalu digalakkan. Hindari cara pemakaian masker yang salah berikut ini. 

1. Hindari pemakaian masker yang terbalik

Beberapa masker memiliki bagian atas yang dilengkapi klip yang dapat membentuk hidung Anda. Jika dipakai terbalik, masker tidak akan sesuai dengan wajah Anda dan klip hidung yang tidak pas.

dapat menyebabkan celah di pangkal hidung.

2. Hindari menyentuh wajah 

Saat menggunakan masker di tempat umum, jangan menyentuh wajah dengan tangan. Menyentuh wajah saat menggunakan masker dapat berpotensi menginfeksi diri Anda sendiri, melalui tangan dan juga berisiko menularkannya ke orang lain.

3. Hindari membuka dan memakai masker berulang kali

Setelah masker Anda terpasang, selalu kenakan dengan baik, karena melepas masker dapat membuatnya kotor. Jika sudah kotor, gantilah masker. 

4. Hindari lupa bawa masker cadangan

Selain memakai masker, siapkan pula masker cadangan. Jadikan hal ini kebiasaan baru usetiap kali Anda keluar rumah. Buatlah catatan untuk diri sendiri sebelum Anda meninggalkan rumah atau Anda juga dapat menyimpan masker bersih di dalam mobil atau di dekat pintu depan rumah. Selain itu, Anda juga dapat mempersiapkan masker cadangan di dalam tas Anda. Begitu masker kotor, segeralah ganti yang baru. Untuk masker kain, dianjurkan ganti setiap tiga jam pemakaian.