Robot Ini Bakal Ingatkan Seseorang untuk Mengenakan Masker
Robot yang bakal mengingatkan pakai masker (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah insinyur asal Prancis mengembangkan robot yang dapat mendeteksi apakah orang-orang untuk mengenakan masker. Jika tidak, robot ini akan mengingatkan orang tersebut untuk segera menggunakan masker agar terhindar dari penyebaran virus corona.

Robot bernama Pepper ini, memiliki tinggi 120cm dengan tampilan mirip manusia yang sudah beroperasi di sejumlah negara untuk menyambut pengunjung yang datang ke toko, pameran dan ruang publik lainnya.

Nantinya kamera Pepper akan memindai wajah orang yang mendekatinya, dan akan mendeteksi jika seseorang bila tak mengenakan masker. Dengan sopan Paper akan meminta orang tersebut untuk mengenakan masker.

"Anda harus selalu memakai masker dengan benar," ucap Paper, Rabu, 9 September.

Jika terlihat pengunjung kemudian memakai masker, Paper akan mengucapkan kalimat "Terima kasih telah memakai masker Anda."

Ide dari dibuatnya robot tersebut bukan seperti polisi yang menegur orang-orang yang tidak memakai masker, namun untuk memberikan pengingat yang ramah, menurut Jonathan Boiria, kepala penjualan di Eropa untuk Softbank Robotics, perusahaan di belakang Pepper.

"Toko-toko harus menempatkan orang di pintu masuk, banyak orang, untuk memastikan penggunaan masker, dan kadang-kadang itu sulit," ujar Boiria kepada Reuters,

"Sebuah robot memungkinkan Anda meringankan tugas beberapa orang sehingga mereka dapat fokus pada tugas normal mereka."

"Kita semua manusia. Kadang-kadang saya melepas masker saat turun dari bus dan lupa memakainya kembali saat tiba di kantor. Robot itu memberikan pengingat. Kita semua bisa salah atau lupa," dia menambahkan.