Robot Pintar Ini Siap Bantu Pemulihan China dari COVID-19
Robopony yang diciptakan ZhenRobotics Corp (dok. ZhenRobotics Corp)

Bagikan:

JAKARTA - China mulai menunjukkan tanda-tanda pemulihan diri dari wabah virus corona. Meski begitu tak sedikit warganya yang masih khawatir akan munculnya kembali gejala penyakit COVID-19. 

Pemerintah juga masih mengimbau warganya untuk tetap melakukan social distancing dan tetap berada di rumah, sampai benar-benar pulih. Untuk mengurangi kekhawatiran masyarakat sebuah perusahaan teknologi China ZhenRobotics Corp, meluncurkan robot delivery yang bisa dioperasikan untuk melakukan pengantaran barang kebutuhan pokok.

Perusahaan ini memiliki robot yang diberinama RoboPony. Robot setinggi 68 cm dengan enam roda ini bisa mengurangi interaksi antara manusia, selama melakukan social distancing.

Sebab guna dari RoboPony ini berfungsi untuk menjual makanan dan kebutuhan pokok lainnya, secara berkeliling ke sejumlah lokasi yang ditentukan. CEO ZhenRobotics Corp, Liu Zhiyong mengatakan pemerintah setempat telah menyuruhnya meningkatkan tiga kali lipat produksi RoboPony di tengah pesatnya COVID-19 di China.

"Epidemi ini membuat orang sadar akan kerapuhan manusia. Robot dapat menebus kerentanan ini dan menyediakan layanan yang dapat dipercaya orang. Kepercayaan pada robot telah ditingkatkan secara dramatis," ujar Liu seperti dikutip dari Japan Today, Senin 23 Maret.

Teknologi RoboPony ini dikendalikan melalui aplikasi ponsel yang dapat membawa berat sebesar 40 kilogram (90 pon) dan bergerak hingga 10 kph (6 mph). Meski terbilang cukup efisien, ZhenRobotic masih enggan untuk membocorkan harga satu robot multifungsi ini.

Tidak hanya berfungsi untuk menjajakan bahan pokok, RoboPony juga bertugas untung mengingatkan pembeli maupun masyarakat yang acuh dengan tidak mengenakan masker saat di luar rumah. Robot ini juga bisa digunakan di pabrik-pabrik dan industri konsumen.

Perusahaan yang berdiri sejak 2016 ini, telah melakukan sejumlah pengembangan dan inovasi di Universitas Zhongguancun, China. Semenjak wabah COVID-19, pemerintah China mulai melirik teknologi yang dikembangkan ZhenRobotic untuk mengurangi interaksi antara manusia.

Tak hanya ZhenRobotics Corp, sejumlah pengembang teknologi lainnya juga ikut menguji kemampuan manufaktur robotnya untuk membantu warganya. Salah satu robot yang berhasil dikembangkan adalah robot patroli yang dapat mengingatkan pengunjung di pusat perbelanjaan Shanghai Taikoo Hui agar mengenakan masker selama wabah COVID-19.