Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan) terus diselidiki. Sudah ada beberapa pejabat dan pegawai yang dipanggil, selain Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

"Sebelumnya beberapa pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) sudah dimintai keterangan," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 4 Juli.

Sementara terkait pemanggilan lainnya, Ali irit bicara. Sebab, KPK sejak awal menyatakan penyelidikan untuk mencari praktik lancung dilakukan secara tertutup.

KPK membenarkan adanya penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Hal ini merespons ramainya kabar beredar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama dua anak buahnya, KSD dan HTA ikut terseret dalam dugaan korupsi.

Upaya penindakan ini dilakukan sejak awal Januari. Diduga telah terjadi praktik jual beli untuk menduduki jabatan tertentu.

Untuk mengusut dugaan tersebut penyelidik kemudian meminta keterangan Syahrul pada Jumat, 16 Juni. Kemudian dia tak hadir karena bertugas ke luar negeri dan minta ditunda hingga Selasa, 27 Juni.

Namun, KPK tetap memanggil Syahrul pada Senin, 19 Juni dan ia memenuhi panggilan. Usai diperiksa politikus Partai NasDem itu mengaku siap kooperatif terkait penyelidikan di kementerian yang dipimpinnya.