Jokowi Lirik JIS Jadi Salah Satu Venue Piala Dunia U-17, PKS Minta Jangan Ada Pihak Kaitkan Politik
Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli menyambut baik Presiden Joko Widodo yang melirik Jakarta International Stadium (JIS) menjadi salah satu venue Piala Dunia U-17 November mendatang.

Ketika Jokowi menganggap JIS sudah bisa jadi arena pertandingan sepak bola internasional, Taufik berharap tak ada lagi pihak yang mengaitkan stadion yang dibangun era Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI menjadi hal yang politis.

"Saya kira JIS sudah layak, dari awal kan dirancang untuk itu. Tapi, urusan pembangunan sebuah stadion sebesar itu jangan dikait-kaitkan dengan politik lagi, lah. Kok enggak dipakai-pakai dan ternyata mereka terbentur masalah politis," kata Taufik saat dihubungi, Senin, 26 Juni.

Menurut Taufik, JIS layak menjadi venue Piala Dunia U-17 karena telah mengantongi status stadion berstandar FIFA. Hanya saja, Taufik mengaku terdapat kekurangan dari segi infrastruktur di kawasan stadion tersebut.

Berkaca dari kasus kekacauan akses lalu lintas di sekitar JIS usai konser Dewa 19 beberapa bulan lalu, DPRD telah mendesak BUMD PT Jakarta Propertindo selaku pengelola untuk membenahi infrastruktur.

"Memang ini stadion milik Jakarta yang sudah pantas. Kalau misalnya ada yang kurang dan lain-lain, itu perbaiki. Kan lebih murah memperbaiki kekurangan atau menambah kapasitas parkir di sana, tentu bisa dilaksanakan," ujarnya.

Namun, Taufik mengaku Komisi B DPRD DKI Jakarta belum mendapat laporan dari Jakpro mengenai tindak lanjut dari perbaikan infrastruktur pada stadion yang terletak di Tanjung Priok tersebut. Karenanya, Komisi B berencana untuk memanggil Jakpro dalam rapat kerja yang dijadwalkan kemudian.

Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss. Sejauh ini, FIFA mengagendakan FIFA U-17 World Cup 2023 digelar 10 November hingga 2 Desember tahun ini.

Namun, di saat yang sama, Stadion Utama Gelora Bung Karno telah dijadwalkan menjadi lokasi konser Coldplay, tepatnya pada 15 November 2023.

Presiden Joko Widodo menyebut lokasi penyelenggaraan sepak bola Piala Dunia U-17 2023 bisa digelar di lokasi lain karena stadion Indonesia bukan hanya di GBK.

"Nanti kan dicarikan solusi. Stadion kita kan juga bukan hanya GBK. Yang lain kan ada, ada JIS kan ada. Ada di Manahan ada. Ada di Jalakharupat ada. Banyak. Ada di Surabaya, Stadion Bung Tomo ada juga. Wong stadion kita nih banyak kok yang sudah siap," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 adalah sebuah kepercayaan yang diberikan FIFA kepada Indonesia. Ia mengaku sudah memerintahkan Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk menyiapkan betul lokasi penyelenggaraan pertandingan tersebut.

"Kalau venuenya kan memang sudah ada dari yang kemarin sudah kita perbaiki artinya tinggal digunakan tetapi manajemen semuanya harus disiapkan betul," ujar Jokowi.