Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Umum Transportasi Arab Saudi (TGA) akan memperkenalkan bus otonom untuk melayani para jemaah haji selama musim Haji Tahun 1444 Hijriah, sekaligus menjadi terobosan baru.

Bus-bus ini merupakan bagian dari inisiatif untuk menyediakan pilihan transportasi yang inovatif dan ramah lingkungan bagi jutaan jemaah yang mengunjungi tempat-tempat suci.

Bus-bus ini menggunakan kecerdasan buatan, kamera dan sensor untuk beroperasi dalam rute yang telah ditentukan, mengutip Gulf News 22 Juni.

Dengan mengumpulkan dan menganalisis data selama transit, bus-bus tersebut dapat membuat keputusan untuk meningkatkan pengalaman penumpang dan memastikan keselamatan.

Otoritas Transportasi Saudi mengungkapkan, setiap bus memiliki kapasitas 11 kursi. Masing-masing bus mampu beroperasi selama enam jam untuk sekali pengisian daya, dengan kecepatan maksimal mencapai 30 kilometer per jam.

Langkah ini bertujuan untuk merampingkan pergerakan jamaah dan mengevaluasi kelayakan penggunaan teknologi canggih ini dalam ibadah haji. Data dan wawasan yang dikumpulkan akan membantu menentukan kondisi untuk potensi operasi komersial di tahun-tahun mendatang.

Mengutip The National News, bus ini akan melayani jemaah Haji dari Arafah menuju Muzdalifah untuk musim Haji tahun ini.

Diketahui, otoritas Arab Saudi memperkirakan tahun ini jumlah jemaah Haji akan mencapai sekitar 2,6 juta orang, seiring dengan pencabutan pembatasan pandemi COVID-19 secara keseluruhan.