Ganjar Genggam Erat Tangan Puan Bikin GBK Bergemuruh
Ganjar Pranowo menggenggam tangan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani. (Dok. DPP PDIP)

Bagikan:

JAKARTA - Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) bergemuruh di tengah acara puncak Bulan Bung Karno (BBK) pada hari ini, Sabtu, 24 Juni. Momen ini terjadi saat calon presiden (capres) Ganjar Pranowo menggenggam tangan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani.

Awalnya, Puan meminta kadernya bergerak memenangkan Ganjar Pranowo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kesuksesan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama dua periode harus dilanjutkan.

"Kita, kita, kita ingin suksesi kepemimpinan nasional berjalan dengan lancar, estafet pembangunan yang dapat diteruskan oleh presiden dan wakil presiden baru dari PDI Perjuangan," kata Puan disambut riuh kader yang memenuhi stadion.

Puan lantas mempersilakan Ganjar untuk bicara setelah dirinya minta kadernya tetap solid. "Saya panggilkan Mas Ganjar Pranowo untuk bisa menyapa seluruh kader PDIP dari seluruh Indonesia," ungkapnya.

Ganjar yang berada di atas panggung kemudian langsung berdiri. Sama seperti Puan, ia mengajak kader untuk bergerak agar kepemimpinan Jokowi bisa dilanjutkan.

Apalagi, kepemimpinan Jokowi sudah diakui dan diperhitungkan dunia. "Maka pesan Bu Mega pada kita semuanya, agar kita bisa bersatu, kita berdiri seteguh karang yang tetap tegar dalam benturan ombak sekeras apapun," tegas Gubernur Jawa Tengah itu.

Mendengar pernyataan Ganjar, kader yang ada di dalam stadion menjadi riuh. Sebelum menutup pernyataannya, ia kemudian mengucapkan terima kasih pada Puan.

"Mbak Puan saya ingin menyampaikan terima kasih. 2013 Pemilihan Gubernur Jawa Tengah, PDI Perjuangan dan Ganjar Pranowo memenangkan itu dan itu di bawah kepemimpinan Mbak Puan," kata Ganjar.

"Insyaallah kita akan mengulang di 2024. Insyaallah mohon doanya," sambung sosok berambut putih itu.

Setelah selesai menyampaikan sambutan, Ganjar dan Puan saling bersalaman. Genggaman tangan itu kemudian diangkat ke udara dan menimbulkan keriuhan dari para kader.

PDIP menggelar konsolidasi akbar bertema 'Kepalkan Tangan Persatuan untuk Indonesia Raya' pada Sabtu, 24 Juni mendatang. Ratusan ribu kader partai berlambang banteng itu diperkirakan akan memadati kawasan GBK.

Selain itu, hadir juga Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Kemudian ketua umum dan petinggi partai politik koalisi pemerintahan kelihatan batang hidungnya.

Mereka di antaranya, Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan

Sementara PKB diwakilkan oleh Wakil Ketua Umumnya Jazilul Fawaid. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar tak bisa hadir lantaran sedang ibadah haji di Tanah Suci.

Terlihat juga beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju ikut hadir di puncak acara BBK. Di antaranya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Pratikno, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Pendidikan dan Ristek Nadiem Makarim.