Andrew Tate dan Saudaranya Didakwa Lakukan Pemerkosaan dan Perdagangan Manusia, Korban Dijerat Lewat Janji Cinta dan Pernikahan
Influencer kontroversial Andrew Tate telah didakwa di Rumania (Foto: Tangkapan layar Youtube Sky News)

Bagikan:

JAKARTA - Influencer kontroversial Andrew Tate telah didakwa di Rumania atas tuduhan  pemerkosaan, perdagangan manusia, dan membentuk kelompok kejahatan terorganisir untuk mengeksploitasi wanita secara seksual. 

Saudaranya Tristan dan dua rekannya juga menghadapi dakwaan. Semua membantah tuduhan tersebut.

Dilansir dari pemberitaan BBC, Selasa, 20 Juni, Tate bersaudara pertama kali ditangkap di rumah mereka di Bukares pada Desember. Pada bulan Maret, mereka dipindahkan ke tahanan rumah menyusul keputusan hakim Rumania.

Dakwaan yang diajukan ke pengadilan Bukares mengatakan, keempat terdakwa membentuk kelompok kriminal terorganisir pada 2021 untuk melakukan perdagangan manusia di Rumania, tetapi juga di negara lain termasuk AS dan Inggris.

Disebutkan tujuh korban yang diduga direkrut oleh Tate bersaudara melalui janji cinta dan pernikahan palsu.

Pernyataan dari jaksa penuntut Rumania, korban diduga dibawa ke gedung-gedung di kabupaten Ilfov di Rumania di mana mereka diintimidasi, ditempatkan di bawah pengawasan dan kontrol terus-menerus dan dipaksa berhutang. 

Para terdakwa diduga kemudian memaksa para perempuan tersebut untuk ikut serta dalam pornografi yang kemudian dibagikan di media sosial. Masih dari jaksa, seorang terdakwa dituduh memperkosa seorang wanita dua kali pada Maret 2022. 

Terdakwa juga menyita aset, termasuk properti, mobil, dan lebih dari 300 juta dolar (£235 juta) dalam mata uang kripto. Uji coba tidak akan segera dimulai dan diperkirakan akan memakan waktu beberapa tahun.

Seorang hakim Rumania sekarang memiliki waktu 60 hari untuk memeriksa berkas perkara sebelum dapat dikirim ke pengadilan.

Sedangkan tim media untuk Tate bersaudara berkata

"Meskipun berita ini tidak diragukan lagi dapat diprediksi, kami menerima kesempatan yang dihadirkannya untuk menunjukkan ketidakbersalahan mereka dan membuktikan reputasi mereka."

Ditambahkan, dakwaan tersebut "memungkinkan kami untuk menyajikan bukti yang komprehensif, dikumpulkan dan dipersiapkan dengan cermat dari waktu ke waktu, yang tidak diragukan lagi akan mendukung klaim tidak bersalah saudara-saudara".

Ada juga dakwaan terpisah yang masih dalam penyelidikan yang dapat mengarah pada dakwaan terpisah, termasuk pencucian uang dan perdagangan anak di bawah umur.

Pada tahun 2016, Andrew Tate, mantan kickboxer Inggris-Amerika, dikeluarkan dari acara TV Inggris Big Brother melalui sebuah video yang tampaknya menunjukkan dia menyerang seorang wanita.

Dia kemudian menjadi terkenal secara online, dengan Twitter melarangnya karena mengatakan wanita harus "memikul tanggung jawab" karena mengalami pelecehan seksual. Dia telah dipulihkan sejak saat itu.

Terlepas dari larangan media sosial, dia mendapatkan popularitas, terutama di kalangan pria muda, dengan mempromosikan apa yang dia tampilkan sebagai gaya hidup yang sangat maskulin dan sangat mewah.