Bagikan:

JAKARTA - Genangan banjir di aliran Kali Baru, kawasan Hek Kramat Jati, Jakarta Timur kerap terjadi jika hujan deras mengguyur Jakarta Timur dan adanya kiriman air dari hulu Bogor hingga terjadi luapan air.

Bahkan, turap di sepanjang Kali Baru, kawasan Hek, Jakarta Timur juga terdapat retakan hingga terjadi kebocoran air yang melimpas ke jalan di kawasan Hek.

Kasudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Wawan Kurniawan membenarkan adanya retakan turap.

"Kalau sebelah sana (Hek) betul ada. Rencana, mungkin dalam proses lelang di Dinas SDA, rencana mau dinormalisasi Kali Baru," kata Wawan kepada wartawan, Selasa, 20 Juni.

Normalisasi tersebut meliputi perbaikan spot-spot bagian dinding Kali Baru. Normalisasi untuk mengantisipasi (banjir) di daerah-daerah yang di Hek, Kramat Jati.

"Lelang untuk pembuatan turap, jadi akan diganti turap baru. Untuk hindari bocor itu. Untuk sekarang tidak ada pembetulan turap sementara, paling peninggian tanggul sama penambalan yang bocor," katanya.

"Tapi penambalan baru bisa dilakukan kalau memang posisi kali surut. Baru Satgas Dinas SDA proses penambalan. Kalau air tinggi ya tidak bisa dikerjakan," imbuhnya.

Seperti diketahui, luapan imbas dari Kali Baru terjadi di dua titik setinggi 50 cm pada Senin kemarin, 19 Juni. Luapan mulai surut 30 menit kemudian.