Bagikan:

JAKARTA - Seorang pengungsi perang Ukraina memenangkan hadiah 500.000 euro (Rp82.029.889.950) dengan menggunakan kartu gosok, ungkap lotere nasional Belgia pada Hari Senin.

Pria tersebut membeli kartu gosok seharga 5 euro bulan lalu di sebuah pom bensin, yang berarti taruhannya telah meningkat seratus ribu kali lipat.

Pemenangnya, yang identitasnya tidak akan diketahui seperti halnya semua pemenang lotere Belgia, berusia antara 18 dan 24 tahun dan telah tinggal di Brussels selama 12 bulan terakhir.

"Perasaannya campur aduk (tentang kemenangannya). Ini adalah periode yang sulit untuk merasa senang dengan segala sesuatu yang terjadi di negara asalnya," ujar Joke Vermoere, juru bicara Lotere Nasional, menyinggung invasi Rusia yang menghancurkan Ukraina, melansir Reuters 12 Juni.

Lebih lanjut Vermoere menerangkan, sang pemenang ingin mengadakan perayaan dengan hadiah yang dimenangkannya, untuk berterima kasih kepada semua orang yang telah membantunya berintegrasi di Belgia.

Berikutnya, dia juga ingin melakukan sesuatu untuk rekan senegaranya dan rekonstruksi Ukraina.

Vermoere menambahkan, meskipun pria tersebut bahagia di Belgia dan telah mendapatkan pekerjaan, dia ingin kembali ke Ukraina segera setelah perang selesai.

"Pikirannya jelas berada di Ukraina," tandas Vermoere, dikutip dari The Guardian.

Seperti halnya dengan orang lain yang jumlah kemenangannya mencapai lebih dari 100.000 euro, pria tersebut diundang ke kantor pusat lotere nasional di Brussels, untuk menerima hadiahnya.

"Kami melihat banyak pemenang di sini, namun dalam kasus ini, kami melihat bahwa ini sangat berarti bagi sang pemenang," pungkasnya dikutip dari The Sun.

Untuk diketahui, pemenang lotere di Belgia bebas pajak.