Semarang Zoo Kedatangan 2 Gajah Sumatera Hibah dari Taman Wisata Candi Borobudur
Foto via Antara.

Bagikan:

MAGELANG - PT Taman Satwa Semarang atau Semarang Zoo mendapat hibah dua gajah Sumatera alias elephas maximus Sumatranus dari PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC).

Direktur Utama PT TWC Febrina Intan menyampaikan hibah dua gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) ini untuk mendukung program keberlanjutan konservasi satwa dan edukasi publik mengenai fauna di Indonesia.

Intan menjelaskan Taman Wisata Candi Borobudur memiliki lima gajah terdiri atas dua jantan bernama Bona dan Endra serta tiga betina bernama Eca, Lisi, dan Zella.

"Secara rutin para pawang juga mengajak kelima gajah ini jalan-jalan, berkeliling menikmati keindahan alam sekitar. Kelima Gajah ini juga mendapatkan perawatan dan pengecekan medis secara berkala untuk memastikan kesehatan mereka," ujarnya dalam siaran pers, Rabu 14 Juni, disitat Antara.

Dia melanjutkan, kelima gajah itu diberikan tempat tinggal yang layak, menikmati rumput segar, serta makanan pendamping berupa wortel, kacang panjang, dan mentimun.

"Bahkan wisatawan dapat berinteraksi dengan kelima gajah sambil mengabadikannya dengan kamera," katanya.

Saat ini Bona dan Zella yang merupakan pasangan gajah ditempatkan di Semarang Zoo. Proses pemindahan dua gajah ke Semarang Zoo telah dilakukan pada 13 Juni 2023.

Proses hibah diawali dengan koordinasi bersama untuk mengawal proses pemindahan (translokasi) satwa dari kawasan Taman Wisata Candi Borobudur ke Semarang Zoo.

Pemidahan satwa dilindungi ini juga melibatkan kerja sama dengan berbagai pihak, antara lain BKSDA Jateng, BKSDA Yogyakarta, Polresta Magelang, Polisi Kehutanan Jateng, pengelola kebun binatang terkait, dokter hewan, akademisi, pawang gajah (mahout) dan sejumlah LSM terkait.