Gerbang Gajah Etalase Baru Destinasi Pariwisata Borobudur
Gerbang Gajah di Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang sebagai penanda kawasan Borobudur dari sisi barat. ANTARA/HO

Bagikan:

MAGELANG - Community Center Kembanglimus (Gerbang Gajah) di Desa Kembanglimus, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bisa menjadi etalase baru destinasi pariwisata super prioritas Borobudur.

"Gerbang Gajah saya kira kalau sudah dioperasionalkan baik itu oleh pemerintah daerah Kabupaten Magelang atau nanti turunnya ke Pemerintah Desa Kembanglimus akan menjadi pelengkap wisata Borobudur dari arah barat," kata General Manager Unit Borobudur, PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) Jamaludin Mawardi dilansir ANTARA, Rabu, 15 Februari.

Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyerahkan pengelolaan sementara Gerbang Gajah kepada Pemerintah Desa Kembanglimus.

Menurut Jamaludin, lokasi Gerbang Gajah posisinya strategis, sebelum masuk ke kawasan Borobudur ada penanda dan gerbang ini berbeda dengan gerbang sisi timur karena  dilengkapi sarana prasarana lain yang mendukung pengembangan pariwisata.

"Dua gerbang yang berada di Blondo dan Palbapang hanya sebagai penanda masuk kawasan Borobudur saja," katanya.

Bila Gerbang Gajah ini bisa dikembangkan menjadi semacam rest area yang bisa menjadi pendukung destinasi Borobudur, penyebaran wisatawan tidak harus semua ke Candi Borobudur.

"Stop dulu di sini dan ada aktivitas yang bisa dilakukan masyarakat, saya melihat lokasinya juga sangat potensial untuk dikembangkan penyelenggaraan event pariwisata, terutama untuk skala regional Kabupaten Magelang itu bisa dilakukan di sini," katanya.

Lokasi Gerbang Gajah yang menempati lahan sekitar 1,5 hektare di Kembanglimus ini dilengkapi sejumlah fasilitas, antara lain lokasi parkir bisa menampung puluhan mobil, hall multifungsi, sejumlah kios, dan panggung terbuka.