Wakil Ketua DPRD Jateng Dorong Pariwisata Jadi Sumber Pemulihan Ekonomi di Jawa Tengah
Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Heri Pudyatmoko. (foto: dok. antara)

Bagikan:

SEMARANG - Pemulihan ekonomi melalui sektor pariwisata yang sempat terpuruk akibat pandemi COVID-19, terus didorong oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Heri Pudyatmoko. Apalagi sejumlah destinasi wisata di Jateng kini sudah mulai dibuka.

"Pandemi membuat berbagai sektor terpuruk, salah satunya adalah pariwisata. Hampir semua destinasi wisata mati suri selama dua tahun lebih, namun akhir-akhir ini beberapa destinasi wisata di Jateng mulai menunjukkan gairah, dengan adanya kelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat, tingkat kunjungannya pun mulai naik," katanya di Semarang, Jateng, Minggu.

Heri menyakini pariwisata sebagai salah satu sektor strategis yang dapat membantu meningkatkan pemulihan ekonomi nasional. Salah satu wilayah yang memiliki potensi pariwisata sangat besar adalah Provinsi Jawa Tengah.

Di samping Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Candi Borobudur,  terdapat sejumlah destinasi wisata yang layak dikunjungi seperti di Kabupaten Temanggung, Kota Semarang, dan Kabupaten Wonosobo.

"Dalam tatanan normal baru untuk hidup berdamai dengan COVID-19, pemerintah meyakini bahwa sektor ekonomi utama yang dapat pulih dengan cepat adalah sektor pariwisata," ujar politikus Partai Gerindra itu, seperti dikutip Antara.

Menurut dia, salah satu destinasi wisata yang bisa digenjot dan dikembangkan jadi destinasi super prioritas oleh pemerintah adalah Kawasan Candi Borobudur di Magelang sehingga perlu digarap dengan baik dari sisi promosi, serta pelayanan.

"Selain itu juga perlu perluasan pasar dan tak kalah penting perlu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di sektor pariwisata dan memantapkan manajemen dan tata kelola destinasi," katanya.