Personel Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Asah Kemampuan Lomba Ketangkasan Bermotor
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman. (foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengadakan Lomba Ketangkasan Bermotor sebagai upaya untuk mengasah kemampuan personel dalam pengawalan dan patroli. Lomba ini diikuti oleh 48 peserta yang berasal dari wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman, mengungkapkan bahwa keahlian mengendarai kendaraan bermotor, terutama sepeda motor, merupakan hal yang penting bagi anggota di lapangan yang bertugas dalam pengawalan dan patroli.

"Setiap anggota di lapangan harus memiliki keahlian atau kemahiran dalam mengendarai kendaraan bermotor terutama roda dua. Sepeda motor memerlukan keahlian yang harus dimiliki oleh personel yang ada di lapangan khususnya dalam hal pengawalan dan patroli," kata Latif.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengasah kemampuan para personel dalam melaksanakan tugas mereka serta memberikan rasa aman kepada masyarakat.

"Sehingga betul-betul memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan kegiatan yang kita lakukan dan juga kemampuan personel bisa kita asah," tambahnya.

Lomba Ketangkasan Bermotor ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam peringatan HUT Ke-77 Bhayangkara yang akan dilaksanakan pada 1 Juli 2023.

Latif menjelaskan bahwa lomba ini diikuti oleh 48 peserta dari wilayah hukum Polda Metro Jaya, yang dibagi menjadi dua kategori, yaitu motor gede (moge) 600 cc dengan 26 peserta, dan motor trail dengan 22 peserta.

Penilaian dalam lomba ini menggunakan sistem hitung waktu. Peserta akan diukur waktu mereka mulai dari "start" hingga "finish," serta kemampuan mereka dalam mengatasi rintangan di lintasan perlombaan.

"Juri-juri yang dilibatkan dalam lomba ini terdiri dari 25 orang yang merupakan profesional dan mantan juara yang telah berpengalaman dalam kegiatan serupa di berbagai tempat. Mereka juga dibantu oleh anggota yang memiliki pengalaman yang tidak kalah," ungkap Latif.

Para juara lomba akan mendapatkan piala, penghargaan, dan uang pembinaan. Juara pertama akan menerima hadiah sebesar Rp10 juta, juara kedua sebesar Rp7,5 juta, dan juara ketiga sebesar Rp5 juta untuk setiap kategori.