Panglima TNI Jamu Petinggi Militer Negara ASEAN Sebelum ACDFM di Bali
Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margon didampingi KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom)

Bagikan:

DENPASAR - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menyambut para petinggi militer negara anggota ASEAN dalam acara makan malam, sebelum rangkaian pertemuan ASEAN Chief of Defence Forces Meeting (ACDFM) di Apurva Kempinski, Nusa Dua, Badung, Bali.

Yudo Margono didampingi sang istri Vero Yudo Margono beserta para petinggi militer ASEAN terlihat kompak menggunakan pakaian tradisional dari kain endek. Kedatangan para petinggi militer ASEAN tersebut disambut dengan tarian tradisional Bali yang dipadukan dengan gamelan Bali.

ACDFM ke-20 digelar pada Rabu (7/6) di Candi Ballroom, Hotel Apurva Kempinski, Bali. Yudo Margono pun terlebih dahulu menjamu para tamu dalam jamuan malam di tempat pertemuan delegasi KTT G20 pada November 2022 lalu.

Panglima militer negara anggota ASEAN yang telah terkonfirmasi kehadirannya dalam ACDFM ke-20, antara lain Panglima Angkatan Bersenjata Malaysia Chief of Defence Force General Tan Sri Dato' Sri Hj Affendi Bin Buang RMAF, Chief of Staff Armed Forces of the Philippines General Andres C. Centino PA.

Commander of the Royal Brunei Armed Forces Major General Dato Paduka Seri Haji Muhammad Haszaimi bin Bol Hassan, Singapura Chief of Defence Force RADM Aaron Beng, petinggi militer Thailand Chief of Defence Forces General Chalermphon Srisawasdi, dan Commander-in-Chief Royal Cambodian Armed Forces High Command Headquarters General Vong Pisen.

Selain itu, hadir pula Deputy Minister of National Defence and Chief of General Staff Department Laos People's Army LT. Gen Khamlieng Outhakaisone, Chief of Staff of Falintil Forca Defesa De Timor Leste Commodore Donaciano Rosario Costa Gomes, dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono sebagai tuan rumah. Sementara itu, negara Myanmar diwakili oleh Atase Pertahanan Myanmar untuk Indonesia Brigjen Phyo Zaw Soe DA.

Jamuan makan malam bersama itu diakhiri dengan mendendangkan beberapa lagu lawas Indonesia dan menari bersama. Rombongan petinggi militer terlihat mulai meninggalkan tempat jamuan sekitar pukul 21.20 WITA.

ACDFM merupakan pertemuan tahunan panglima angkatan bersenjata dari negara anggota ASEAN. Pertemuan tersebut membahas berbagai isu keamanan strategis kawasan baik regional maupun global. Tahun ini, TNI mendapat giliran menjadi tuan rumah pertemuan para petinggi militer negara anggota ASEAN.

"Kegiatan yang akan kami laksanakan esok merupakan wujud kerja sama yang sudah agar lebih baik. Setiap tahun, kami mengadakan pertemuan seperti ini dan kebetulan kita, Indonesia dalam hal ini TNI, menjadi tuan rumah," kata Yudo Margono.

Yudo menyebutkan ada beberapa hal yang akan dibahas dalam pertemuan tersebut, seperti pengawasan dan pengamanan kawasan ASEAN serta menjalin kerja sama di bidang pelatihan bersama.

"Selama ini sudah terjalin baik, antara lain adalah menjalankan program latihan bersama, patroli kawasan, pertukaran perwira dalam rangka sekolah mulai yang tingkat muda sampai mereka sekolah Sesko TNI; sehingga siapa pun yang menjadi pemimpin bisa menjaga ASEAN ini," kata dia.

Dia juga mengutarakan pikiran terkait latihan bersama antara semua militer negara anggota ASEAN.

"Saya sendiri di dalam ASEAN Chief of Defence Forces Meeting mempunyai ide untuk menyelenggarakan latihan bersama. Selama ini belum pernah kami laksanakan, selalu antar-negara saja," ujar Yudo Margono.