Mahfud MD, Ridwan Kamil hingga Sandiaga Masuk Radar Cawapres Ganjar
Bakal capres Ganjar Pranowo dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani/FOTO; Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyebut sejumlah nama bakal calon wakil presiden (cawapres) yang dipasangkan dengan Ganjar Pranowo. Ada 10 nama, di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Pernyataan ini disampaikan menanggapi spekulasi nama cawapres Ganjar. Kata Puan, banyak nama yang bisa dipertimbangkan.

“Pencawapresan, nama kan banyak ada sepuluh. Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY, ya kan? Pak AHY. Siapa lagi, Mas? Pak Airlangga, ya kan,” kata Puan di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Juni.

Seluruh nama yang masuk dalam peta, sambung Puan, akan dipertimbangkan. Kelebihan mereka bakal dilihat satu per satu dan dipilih yang terbaik.

"Kalau boleh saya sebut nama itu dan semuanya tentu punya kelebihan-kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan," tegasnya.

Meski belum membahas lebih lanjut dalam Rakernas III tapi sosok yang terpilih harus punya kesamaan. "Sesuai dengan visi-misi, cita-cita," ujar Ketua DPR tersebut.

"Nama tetap akan kami kerucutkan tapi bukan hari ini. Hari ini masih menimbang-nimbang dulu dari nama-nama yang ada," sambung Puan.

Berikutnya nama tersebut bakal diserahkan kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk dibahas dengan semua pihak, termasuk Ganjar.

"Ibu ketua umum akan sampaikan kepada capresnya itu, apakah nyaman untuk mempunyai pendamping a, b, c, d," ungkap Puan.