Anies Baswedan 'Pamer' Revitalisasi Kawasan Pasar Senen, Potensial untuk Dikembangkan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah foto dirinya yang menjajaki kawasan Pasar Senen yang telah direvitalisasi dalam akun instagram-nya, @aniesbaswedan. 

Dalam foto-foto yang diunggah, Anies berjalan melintasi kolong jalan layang (flyover) yang dicat warna-warni di simpang lima Senen. Ia juga menikmati pemandangan sore hari dari atas jembatan penyebrangan orang (JPO) menuju Halte Transjakarta Senen.

Anies menyebut, dalam menata Kawasan Pasar Senen, Pemprov DKI mesti menata mobilitas semua orang dan kegiatan dalam satu kawasan utuh. Kawasan ini, menurutnya, merupakan lokasi potensial untuk dikembangkan.

"Kawasan Pasar Senen merupakan salah satu hub potensial untuk dikembangkan sebagai Transit Oriented Development (TOD). Karena itu tidak hanya membangun Ekstensi Lintas Bawah untuk kendaraan, kita membangun fasilitas untuk perpindahan manusianya," kata Anies dalam akun Instagram, Sabtu, 23 Januari.

Adapun hasil revitalisasi ini, Halte Senen menjadi lebih lebar, dua JPO baru yang dilengkapi lift, alur kendaraan diutamakan untuk pejalan kaki, pesepeda dan transportasi publik. 

"Melanjutkan penataan jalur pedestrian dari koridor Kramat Raya, dilengkapi bus stop dan signage baru. Penataan terintegrasi kawasan Stasiun Senen. Jalur hijau dan taman-taman dipercantik, penerangan jalan ditambah," ungkap Anies.

Lebih lanjut, Anies menyebut saat ini sedang berlangsung pembangunan Pasar Senen Jaya Blok I dan II, yang akan terhubung langsung dengan Halte TransJakarta. 

"Ketika tuntas, akan makin memperindah wajah baru Senen dan mengembalikan kejayaan kawasan Pasar Senen sebagai pusat bisnis dan wisata belanja," tutup Anies.