Cara Cek NIK Penerima Subsidi Motor Listrik Lewat Aplikasi, Bisa Beli secara Online
Ilustrasi subsidi motor listrik (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Program subsidi pembelian motor listrik sudah bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia sejak 20 Maret 2023. Namun program subsidi sebesar Rp7 juta tersebut tidak diberikan kepada semua orang. Untuk mengetahui apa Anda lulus kriteria penerimanya, Anda perlu tahu cara cek NIK penerima subsidi motor listrik. 

Program subsidi pembelian motor listrik diberikan oleh pemerintah untuk mendorong iklim elektrifikasi di Indonesia. Penerima program subsidi ini akan mendapat bantuan dana sebesar Rp7 juta untuk membeli motor listrik. Pemerintah memiliki empat kriteria masyarakat yang berhak menerima subsidi tersebut. 

Masyarakat yang memenuhi kriteria penerima subsidi motor listrik, tinggal datang ke dealer untuk memanfaatkan program tersebut. Anda tinggal menunjukkan NIK pada KTP untuk dapat menggunakan bantuan subsidi tersebut. Anda perlu tahu cara cek NIK penerima subsidi motor listrik untuk mengetahui apakah Anda termasuk penerimanya. 

Kriteria Penerima Subsidi Motor Listrik

Adanya program subsidi sangat membantu masyarakat yang ingin membeli motor listrik. Sayangnya pemerintah masih membatasi penerima subsidi dengan kriteria tertentu. Berikut ini empat kriteria masyarakat yang berhak menerima subsidi motor listrik. 

Pelaku UMKM dan Penerima KUR

Subsidi pembelian motor listrik diberikan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya bagi penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Penerima BPUM

Subsidi motor listrik juga ditujukkan bagi penerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Pelanggan Listrik 450-900 VA

Subsidi pembelian motor listrik juga diperuntukkan bagi masyarakat yang menjadi pelanggan listrik 450 sampai 900 VA. 

Cara Cek NIK Penerima Subsidi Motor Listrik

Cek NIK penerima subsidi motor listrik bisa dilakukan secara mudah. Bagi masyarakat yang menjadi nasabah Bank Mandiri, pengecekan NIK KTP bisa melalui aplikasi mobile banking Livin’ by Mandiri. 

Masyarakat yang memenuhi syarat dan menjadi penerima subsidi motor listrik juga bisa melakukan pembelian langsung lewat aplikasi Livin’ by Mandiri. PT Bank Mandiri Tbk bekerja sama dengan Volta untuk memfasilitasi kemudahan membeli produk motor listrik. Dalam mobile banking Mandiri terdapat fitur pembelian motor listrik yang bisa diakses oleh penggunanya. 

Demikianlah ulasan mengenai cara cek NIK penerima subsidi motor listrik. Dengan pemberian subsidi tersebut, pemerintah menargetkan adanya pembelian motor listrik sebanyak 200.000 unit. Terdapat 18 model motor listrik yang bisa dipilih oleh masyarakat. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.