Menteri Pertahanan Sebut Iran akan Terus Perkuat Angkatan Bersenjata dengan Rudal hingga Radar
Menhan Iran Brigjen Mohammad Reza Ashtiani saat peluncuran rudal baru Kheibar. (Wikimedia Commons/Fars Media Corporation/Mohammad Hasan Zarifmanesh)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Iran Brigadir Jenderal Mohammad Reza Ashtiani menegaskan kembali tekad negaranya, untuk meningkatkan pertahanan dan meningkatkan kemampuan Angkatan Bersenjata di berbagai bidang.

Itu dikatakannya dalam upacara peluncuran versi terbaru dari rudal balistik Khorramshahr yang diproduksi di dalam negeri, pada Hari Kamis.

"Langkah-langkah untuk memperkuat Angkatan Bersenjata di bidang rudal, pesawat tak berawak, radar, dan bidang-bidang lainnya akan terus dilakukan," ujarnya, dikutip dari Tasnim 26 Mei.

"Upacara peluncuran seperti itu akan terus diadakan di sektor pertahanan," sambung Brigjen Ashtiani.

Dalam kesempatan tersebut ia juga mengatakan, pesan kepada musuh Iran adalah, angkatan bersenjata negara itu bertekad membela negara dan pencapaian revolusi.

"Dan pesan kepada para sahabat adalah, tekad negara untuk membantu meningkatkan perdamaian dan stabilitas di kawasan," tambahnya.

Rudal jarak menengah Khoramshahr generasi keempat yang diluncurkan kemarin, dinamai Kheibar. Itu sekaligus upacara yang menandai ulang tahun ke-41 pembebasan kota barat daya Khorramshahr.

Jangkauan rudal yang diperpanjang, sistem pemandu dan kontrol canggih dan fitur struktural yang ditingkatkan semakin mengukuhkan status Iran sebagai kekuatan rudal yang tangguh.

Diketahui, Kheibar adalah salah satu rudal tercanggih yang dirancang oleh para ahli dari Organisasi Industri Kedirgantaraan Kementerian Pertahanan.

Rudal berbahan bakar cair ini memiliki jangkauan 2.000 kilometer, sementara hulu ledak yang dibawanya mencapai 1.500 kilogram, dengan kemampuan strategis dan taktis yang mengesankan.

Diketahui, keluarga rudal kelas Khorramshahr dikenal dengan sistem pemandu dan kontrolnya yang unik selama fase pertengahan penerbangan.