Ketum PSSI Serahkan Jadwal Pertandingan Liga 1, Polri Susun Konsep Baru Pengamanan
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA - Polri bakal menyusun konsep pengamanan terkait pelaksanaan seluruh pertandingan sepak bola Liga 1 2023-2024.

Pernyataan itu disampaikan sebagai tindak lanjut dari langkah Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang menyerahkan jadwal pertandingan Liga 1 2023-2024 kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo guna memperlancar proses perizinan.

"Polri akan mempersiapkan konsep baru tentang penyelenggaraan liga yang lebih baik dan nyaman bagi penonton, penyelenggara dan klub," ujar Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops), Irjen Agung Setya Imam Effendi kepada VOI, Kamis, 11 Mei.

Dalam menyusun konsep pengamanan, Polri akan melakukan pembahasan internal lebih dahulu. Rencananya bakal dilangsungkan usia pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN.

Setelah pembahasan intenal rampung, Polri akan mengelar rapat dengan seluruh pihak yang berkaitan dengan Liga 1. Sehingga, pelaksanaan konsep pengamanan berjalan maksimal.

"Rumusan ini akan segera dibahas dari berbagai aspek yang memfokuskan pada aspek kenyamanan dan keselamatan. Aspek keamanan akan menjadi impek dari penyelenggaraan yang profesional," ungkapnya.

Adapun, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan bila rencananya Liga 1 bakal digelar 1 Juli mendatang. Seluruh aspek sudah mulai dipersiapkan, termasuk izin dari pihak kepolisian.

“Kita sudah bilang kalau Liganya nanti tanggal 1 Juli. Saya sudah meminta Liga (PT LIB), tadi saya telepon ke Dirut (Ferry Paulus) tanggal 28 (April) saya minta detailnya karena kenapa, sudah bulan April. Kalau 1 Juli kan tinggal 2 bulan lagi,” kata Erick.