Dapat Lampu Hijau dari Pemerintah, Liga 1 2022/2023 Bakal Berjalan Normal Seperti Sebelum Pandemi COVID-19 Mulai 23 Juli
Menpora Zainudin Amali (kedua dari kanan) berdiskusi dengan PSSI dan PT LIB. (Dok. Situs Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah, melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), memberikan izin kepada PSSI untuk menggelar kompetisi Liga 1 2022/2023 sesuai jadwal yang direncanakan. Artinya, kompetisi tertinggi sepak bola nasional itu akan dimulai pada 23 Juli mendatang.

Izin ini diberikan setelah Kemenpora menggelar rapat koordinasi dengan PSSI, PT Liga Indonesia Baru, Kementerian Kesehatan, Satgas Penangangan COVID-19 dan Polri di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa, 19 Juli.

"Kami berharap kompetisi ini semakin baik," ujar Menpora Zainudin Amali, seperti dikutip dari Antara.

Menpora kemudian meminta PSSI dan PT LIB untuk benar-benar menyiapkan kompetisi Liga 1 musim ini dengan matang. Protokol kesehatan harus jadi perhatian utama mengingat kasus COVID-19 kini mulai merangkak naik.

Apalagi, Liga 1 2022/2023 akan berjalan normal seperti sebelum pandemi COVID-19. Selain digelar kandang-tandang, pertandingan juga berlangsung dengan penonton.

Menpora meminta, semua pihak harus mematuhi semua peraturan dan berkomitmen agar pertandingan berlangsung lancar dan tertib.

"Karena sekarang sudah ada penonton," tutur Menpora.

Sementara itu, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan, izin keramaian akan dikeluarkan Polri secara umum. Untuk jumlah penonton yang hadir di stadion juga akan disesuaikan.

"Nantinya keberadaan penonton akan disesuaikan dengan level PPKM di wilayah setempat," ujar Iriawan.