Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua (Waka) DPR Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin meminta pemerintah dan pihak terkait untuk meningkatkan pemeliharaan dan pengawasan pembangunan infrastruktur di Indonesia, terutama infrastruktur jalan.

 “Pembangunan infrastruktur sudah berjalan baik. Yang perlu ditingkatkan itu adalah pemeliharaan dan pengawasannya, ini menurut saya penting dioptimalkan,” kata Cak Imin dilansir ANTARA, Senin, 8 Mei. 

Cak Imin mengatakan pemanfaatan penyediaan infrastruktur tidak akan berjalan dengan baik jika pemeliharaan dan pengawasan tidak dilakukan dengan maksimal.

 Atas dasar itu, Cak Imin menilai bahwa pemeliharaan dan pengawasan terhadap infrastruktur, khususnya jalan merupakan hal yang penting.

“Jadi pembangunan tentu saja harus berjalan beriringan dengan pemeliharaan dan pengawasan,” ujar Cak Imin.

 

Dia mendorong pemerintah untuk memperbanyak laboratorium uji mutu infrastruktur. Dalam hal ini, Cak Imin mengatakan pemerintah dapat menggandeng sejumlah praktisi bidang teknik sipil atau arsitektur dan universitas terkait untuk mengoptimalkan.

“Kita ini masih minim punya laboratorium uji mutu infrastruktur, padahal SDM kita banyak yang lulusan Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur misalnya,” sebut dia. 

Menurut dia, laboratorium uji mutu infrastruktur adalah ujung tombak mutu sekaligus pengawasan pengerjaan infrastruktur di Indonesia, terutama infrastruktur jalan.

Cak Imin menambahkan laboratorium uji mutu menjadi sangat vital dalam memastikan kualitas pembangunan infrastruktur yang layak. Dengan demikian, kata dia, infrastruktur tersebut dapat bertahan lama, sesuai karakter geografis Indonesia.

“Jadi kalau setiap pembangunan infrastruktur diuji dulu mutunya, saya yakin kualitas infrastruktur kita akan lebih baik lagi, lebih terjamin, dan tentu tidak cepat rusak,” tegas Gus Imin.