Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyentil jajaran Pemprov DKI Jakarta dalam acara coffee morning yang dihadiri Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI hari ini.

Prasetyo mengulas bahwa anggota dewan memiliki tiga fungsi, yakni membentuk peraturan daerah, menyusun anggaran, dan mengawasi jalannya pemerintahan daerah. Prasetyo meminta anak buah Heru Budi menghargai hal itu.

"Di sini, Pak Gubernur, saya sedikit nyentil kepada anak buah Pak Gubernur bahwa saya punya fungsi. Tiga fungsi itu tolong dihargai," kata Prasetyo di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu, 3 Mei.

Prasetyo pun meminta jajaran Pemprov DKI untuk lebih menghargai para Anggota DPRD DKI Jakarta terkait masukan atau rekomendasi yang mereka peroleh dari pengaduan masyarakat.

"Penjabat Gubernur punya sembilan fraksi di DPRD, bukan punya eksekutif. Jadi, mohon kiranya teman-teman DPRD bisa dilayani, yang punya kepentingan dengan masyarakat," urainya.

Dalam acara ini, Prasetyo berharap pihak eksekutif dan legislatif bisa melakukan diskusi atau koordinasi untuk menampung aspirasi masyarakat DKI Jakarta.

Kedua belah pihak harus bekerja sama untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh warga Jakarta seperti masalah banjir, masalah macet, dan kualitas udara yang buruk serta peningkatan kualitas hidup bagi warga DKI Jakarta," tutur Prasetyo.

Seusai acara, Prasetyo buka suara soal sentilannya yang menyasar kepada para anak buah Heru Budi. Ia membeberkan, dalam beberapa waktu terakhir, kondusivitas dalam satu lingkup pemerintahan kurang optimal. Penyebabnya adalah terdapat sekat antarkelompok tertentu.

"Harus kerja sama yang baiklah. Jangan memeta-metakan, mengotak-kotakkan. Kan, akhirnya enggak bisa menjalankan fungsi," imbuhnya.