949 WNI Telah Dievakuasi dari Sudan, 100 Orang Direncanakan Tiba di Tanah Air Hari Ini
Menlu Retno Marsudi. (Sumber: Kementerian Luar Negeri RI)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Luar Negeri bersama pihak terkait kembali mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Sudan, dengan kepulangan terbaru direncanakan tiba di Tanah Air hari ini, kata Menteri Luar Negeri Indonesia.

"Per hari ini, sebanyak 949 WNI telah dievakuasi dari Sudan," kata Menlu Retno Marsudi dalam keterangan tertulis dari Doha, Qatar seperti dikutip Senin 2 Mei.

"Rinciannya, 930 orang dievakuasi via Jeddah, 13 orang dievakuasi via Mesir dan enam orang dievakuasi via Persatuan Emirat Arab (UEA)," sambung Menlu Retno.

Lebih jauh Menlu Retno menerangkan, sejauh ini total WNI yang telah dipulangkan ke Indonesia berjumlah 829 orang, semuanya melalui Jeddah, Arab Saudi dalam tiga tahap.

"Tahap Pertama: 385 orang tiba pada 28 April dengan Garuda Indonesia. Tahap Kedua: 363 orang tiba pada 30 April dengan Garuda Indonesia. Tahap Ketiga: 75 orang tiba 1 Mei dengan pesawat TNI AU. Sementara, enam WNI mengatur kepulangannya secara mandiri," papar Menlu Retno.

"Selanjutnya, pemulangan tahap keempat dijadwalkan tiba di Jakarta pada 2 Mei dengan Garuda Indonesia, rencananya sebanyak 100 evacuees," tandasnya.

Menlu Retno menambahkan, pihaknya bersyukur proses evakuasi WNI dapat dijalankan dengan baik, di tengah banyak negara yang masih berusaha mengevakuasi warga negaranya dari Sudan.

"Saya ingin sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Mesir dan Persatuan Emirat Arab yang telah membantu evakuasi beberapa WNI keluar dari Sudan," pungkasnya.