Gelombang Keempat Pemulangan: 100 WNI yang Dievakuasi dari Sudan Tiba di Jakarta
Gelombang keempat kedatangan WNI yang dievakuasi dari Sudan di Bandara Soetta. (Twitter/@Kemlu_RI)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 100 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Sudan, tiba dengan selamat di Tanah Air dalam gelombang keempat pemulangan pada Hari Selasa.

"Pemulangan tahap IV (2/5), 100 WNI dari Sudan tiba di Jakarta. Total WNI yang telah kembali ke tanah air sebanyak 929 orang," tulis Kementerian Luar Negeri di akun Twitternya, seperti dikutip Selasa 2 Mei.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah membenarkan kabar kedatangan tersebut.

"Alhamdulillah penerbangan tambahan telah tiba di Cengkareng (Bandara Internasional Soekarno-Hatta, red). Semua evacuees dalam keadaan baik dan sehat. Saat ini sudah dalam proses ditransport ke Asrama Haji. Berikut informasi yang baru saya terima," tulis Teuku Faizasyah melalui pesan singkat kepada VOI.

Diberitakan sebelumnya, Menlu Retno Marsudi mengatakan 100 WNI yang dievakuasi dari Sudan akan tiba hari ini dengan menggunakan penerbangan Garuda Indonesia.

"Pemulangan tahap keempat dijadwalkan tiba di Jakarta pada 2 Mei dengan Garuda Indonesia, rencananya sebanyak 100 evacuees," ujar Menlu Retno.

Menlu Retno mengatakan, hingga hari ini sebanyak 949 WNI telah dievakuasi dari Sudan.

"Rinciannya, 930 orang dievakuasi via Jeddah, 13 orang dievakuasi via Mesir dan enam orang dievakuasi via Persatuan Emirat Arab (UEA)," jelas Menlu Retno.

Sebelum kedatangan hari ini, jumlah WNI yang berhasil dipulangkan ke Tanah Air berjumlah 829 orang, semuanya melalui Jeddah, Arab Saudi yang terbagi dalam tiga tahap.