Meski Dikritik, Wakil PM Inggris: Peringatan Darurat di Ponsel Menjadi Suara yang Selamatkan Hidup Anda
Ilustrasi- (Foto: Unsplash/Oliver Dowden)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Perdana Menteri Inggris Oliver Dowden mengatakan, peringatan darurat yang sedang diuji bisa menjadi suara yang 'menyelamatkan hidup Anda.'

Orang-orang di seluruh Inggris akan mendengar alarm keras di ponsel mereka selama sekitar 10 detik pada hari Minggu, 23 April sekitar pukul 15: 00 BST (atau Pukul 21.00 WIB waktu DKI Jakarta). 

Oliver Dowden mengatakan, tidak ada tindakan dari publik yang diperlukan, meskipun beberapa acara olahraga dan pertunjukan teater akan dihentikan sementara selama acara uji coba. Sistem baru ini akan digunakan dalam kasus banjir, kebakaran hutan, atau serangan teror.

Mr Dowden meyakinkan orang-orang bahwa mereka seharusnya tidak khawatir, tetap tenang dan melanjutkan hari mereka setelah mendapatkan peringatan uji coba pada perangkat 4G dan 5G.

"Pekerjaan nomor satu pemerintah adalah menjaga orang-orang tetap aman dan ini adalah alat lain dalam perangkat untuk situasi darurat, seperti banjir atau kebakaran hutan, dan di mana ada risiko nyata bagi kehidupan. Jadi itu benar-benar suara yang bisa menyelamatkan hidupmu. Saya akan mendorong orang untuk mengingat bahwa hari ini itu hanya ujian, tidak perlu mengambil tindakan apa pun dan Anda cukup menggeseknya seperti pesan lain yang Anda terima," tegasnya. 

Mereka yang tidak ingin menerima peringatan akan dapat menyisih dalam pengaturan perangkat mereka, sementara ponsel yang tidak aktif atau dalam mode pesawat juga tidak akan menerimanya.

Ellie Butt, dari badan amal kekerasan dalam rumah tangga Refuge, mendesak wanita yang merasa berisiko untuk menonaktifkan peringatan tersebut.

"Satu dari empat wanita akan mengalami kekerasan dalam rumah tangga dalam hidupnya ... jadi, aman untuk mengasumsikan bahwa ada sejumlah besar orang yang perlu mengetahui bahwa keselamatan mereka mungkin berisiko dari peringatan ini, dan mereka dapat memilih keluar dan mematikannya," terangnya. 

Pesan pengujian akan berbunyi 'Ini adalah uji Peringatan Darurat, layanan pemerintah Inggris baru yang akan memperingatkan Anda jika ada keadaan darurat yang mengancam jiwa di sekitar.' 

"Dalam keadaan darurat yang nyata, ikuti petunjuk dalam peringatan untuk menjaga diri Anda dan orang lain tetap aman. Kunjungi gov.uk/alerts untuk informasi lebih lanjut. Ini adalah ujian. Anda tidak perlu melakukan tindakan apa pun."

Orang-orang kemudian akan diminta untuk menggesek atau mengklik pesan tersebut sebelum dapat melanjutkan.

Tes pada Hari St George bertepatan dengan acara-acara besar termasuk London Marathon dan pertandingan Liga Premier antara Bournemouth dan West Ham, serta Newcastle dan Tottenham Hotspur, yang dimulai pukul 14.00.

Penyelenggara Kejuaraan Snooker Dunia mengatakan mereka akan menghentikan permainan sebelum pukul 15:00 di the Crucible di Sheffield dan akan melanjutkannya setelah peringatan.

Society of London Theatre juga mengatakan telah menyarankan anggotanya untuk memberi tahu orang-orang agar mematikan ponsel mereka untuk "meminimalkan gangguan pada pertunjukan".