Sembuh dari COVID-19, Ratu Elizabeth II Terima Kunjungan PM Kanada Justin Trudeau
Ratu Elizabeth II menerima PM Kanada Justin Trudeau. (Sumber Twitter/@RoyalFamily)

Bagikan:

JAKARTA - Ratu Elizabeth II dari Inggris menerima Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau di Kastil Windsor pada Hari Senin, dalam pertemuan langsung resmi pertamanya setelah dia dites positif terkena virus corona bulan lalu.

Foto-foto pertemuan menunjukkan PM Trudeau memegang tangan Ratu Elizabeth II, sambil mengobrol dan tertawa, melansir Reuters 8 Maret.

Pihak istana mengumumkan pada 20 Februari lalu, Ratu (95) telah dites positif COVID-19, mempertajam kekhawatiran tentang kesehatan pemimpin yang paling lama memerintah di dunia itu, dua minggu setelah dia menandai 70 tahun bertakhta di Inggris.

Mereka mengatakan pada saat itu dia menderita gejala seperti pilek ringan dan membatalkan beberapa pertunangan. Dia terus melakukan tugas ringan.

PM Trudeau berada di Inggris untuk mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Boris Johnson mengenai tanggapan internasional atas invasi Rusia ke Ukraina.

ratu elizabeth ii justin trudeau
Ratu Elizabeth II menerima PM Kanada Justin Trudeau. (Sumber Twitter/@RoyalFamily)

Ditanya kemudian pada konferensi pers di Downing Street tentang pertemuannya dengan Ratu Elizabeth II, PM Trudeau mengatakan, "Dia berwawasan luas dan tajam seperti biasa, sangat tertarik dengan apa yang sedang terjadi, menanyakan segala macam pertanyaan tentang Kanada.

"Kami memiliki percakapan yang sangat berguna, bagi saya, tentang peristiwa global, seperti yang selalu kami lakukan," ujarnya melansir BBC.

Selain isyarat dukungan untuk Ukraina pada pertemuan tersebut, Ratu Elizabeth II sebelumnya memberikan sumbangan kepada Komite Darurat Bencana untuk membantu orang-orang yang melarikan diri dari konflik di Ukraina.

Untuk diketahui, Ratu Elizabeth II memiliki dua acara penting yang dijadwalkan dalam beberapa minggu mendatang, Commonwealth Service pada 14 Maret dan upacara peringatan Duke of Edinburgh pada 29 Maret, keduanya di Westminster Abbey.