Korban Tewas Invasi Rusia ke Ukraina Sentuh 364, Presiden Erdogan dan Macron Kembali Telepon Putin
Aparat Ukraina berhasil mengevakuasi bom FAB-500 milik Rusia yang gagal meledak saat melakukan serangan. (Wikimedia Commons/DSNS.gov.ua/State Emergency Service of Ukraine)

Bagikan:

JAKARTA - Pertempuran terus-menerus menghalangi upaya untuk mengevakuasi 200.000 orang dari Kota Mariupol di Ukraina, yang terkepung untuk hari kedua berturut-turut pada Hari Minggu ketika Presiden Rusia Vladimir Putin bersumpah untuk melanjutkan serangannya, yang katanya akan direncanakan, kecuali Kyiv menyerah.

Kebanyakan orang yang terperangkap di kota pelabuhan itu tidur di bawah tanah untuk melarikan diri lebih dari enam hari dari penembakan yang hampir konstan dengan mengepung pasukan Rusia yang telah memutus pasokan makanan, air, listrik dan pemanas, menurut pihak berwenang Ukraina.

Dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang mengharapkan adanya gencatan senjata antara Rusia dan Ukraina, Presiden Putin meminta Kyiv menghentikan pertempuran.

Presiden Putin mengatakan kepada Presiden Erdogan, dia siap untuk berdialog dengan Ukraina dan mitra asing, tetapi setiap upaya untuk menarik negosiasi akan gagal, kata sebuah pernyataan Kremlin, melansir Reuters 7 Maret.

Berbicara dalam perjalanan ke negara tetangga Moldova, Blinken mengatakan Washington sedang mempertimbangkan bagaimana mereka dapat mengisi kembali pesawat untuk Polandia, jika Warsawa memutuskan untuk memasok pesawat tempurnya ke Ukraina.

Media Rusia mengatakan Presiden Putin juga berbicara melalui telepon selama hampir dua jam dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, mengkhawatirkan tentang kemungkinan serangan yang akan segera terjadi di Kota pelabuhan bersejarah Odessa di selatan Ukraina, sebut kantor Presiden Macron.

invasi rusia ke ukraina
Bangkai mobil yang terkena imbas invasi Rusia ke Ukraina. (Wikimedia Commons/ZomBear)

Presiden Putin mengatakan dia menginginkan Ukraina yang 'didemliterisasi', 'didenazifikasi' dan netral, menyamakan sanksi Barat dengan deklarasi perang pada Hari Sabtu.

Korban tewas warga sipil dari permusuhan di seluruh Ukraina sejak Moskow melancarkan invasi pada 24 Februari mencapai 364, termasuk lebih dari 20 anak-anak, PBB mengatakan pada hari Minggu, menambahkan ratusan lainnya terluka.

Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, sebagian besar korban sipil disebabkan oleh penggunaan "senjata peledak dengan area dampak yang luas, termasuk penembakan dari artileri berat dan sistem roket multi-peluncuran, dan serangan rudal dan udara." Moskow telah berulang kali membantah menyerang wilayah sipil.

Di Irpin, sebuah kota sekitar 25 km (16 mil) barat laut ibukota Kyiv, pria, wanita dan anak-anak yang mencoba melarikan diri dari pertempuran sengit di daerah itu terpaksa berlindung ketika rudal menghantam di dekatnya, menurut saksi mata Reuters.

Tentara dan sesama penduduk membantu para lansia bergegas ke bus yang dipenuhi orang-orang ketakutan, beberapa meringkuk saat menunggu untuk dibawa ke tempat yang aman.

Di Kota Mariupol yang terkepung, pihak berwenang mengatakan pada Minggu bahwa mereka akan melakukan upaya kedua untuk mengevakuasi sekitar 400.000 penduduk. Tetapi rencana gencatan senjata gagal, seperti yang terjadi pada hari Sabtu, dengan masing-masing pihak saling menyalahkan.

Terpisah, Komite Palang Merah Internasional mengatakan upaya yang gagal untuk mengevakuasi 200.000 orang, telah menggarisbawahi 'tidak adanya kesepakatan yang terperinci dan berfungsi antara pihak-pihak yang berkonflik.'

"Mereka menghancurkan kita," ujar Wali Kota Mariupol Vadym Boychenko kepada Reuters melalui panggilan video, menggambarkan keadaan kota sebelum upaya evakuasi terakhir gagal.

"Mereka bahkan tidak akan memberi kita kesempatan untuk menghitung yang terluka dan yang tewas karena penembakan tidak berhenti."

Diketahui, arus manusia dari Ukraina terus mengalir ke Polandia, Rumania, Slovakia, dan tempat lain. PBB mengatakan lebih dari 1,5 juta telah melarikan diri dalam krisis pengungsi yang tumbuh paling cepat di Eropa sejak Perang Dunia Kedua. Memicu sanksi Barat terhadap Rusia, yang bertujuan melumpuhkan ekonominya.