Bagikan:

JAKARTA - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto absen bersilaturahmi ke rumah Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri karena kelelahan setelah berkunjung ke Solo.

"Pak Prabowo kemarin pulang dari Solo malam. Beliau kelelahan," kata Muzani di Jakarta, Minggu, 23 April.

Muzani menerangkan Prabowo biasanya mendatangi rumah Presiden ke-5 RI itu tiap Hari Raya Idulfitri untuk bersilaturahmi. "Tapi di Solo terus terang, kan, sampai sore. Habis ketemu dengan Pak Jokowi, Pak Prabowo diajak jalan-jalan keliling Kota Solo," tegasnya.

Meski begitu, Muzani mengatakan Prabowo bisa saja bersilaturahmi dengan Megawati di waktu yang lain. Namun, dia belum bisa memastikan jadwalnya.

"Saya akan mengecek jadwal beliau, karena jadwal beliau padat sekali. Politik itu kan mungkin-mungkin saja. Namanya ketemu dengan Ibu Mega apalagi mantan presiden, anak proklamator, ketua umum partai politik paling senior. Enggak ada problem," ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo bersama anaknya, Didit Hediprasetyo bersilaturahmi ke kediaman Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu, 22 April kemarin. Selain menjalankan tradisi, momentum ini digunakan untuk membahas berbagai hal, di antaranya terkait pertahanan dan keamanan nasional.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani dan Anggota DPR Sugiono. "Jadi tidak ada pembicaraan yang terlalu politis, karena ini hari Lebaran,” tutur Prabowo dalam keterangan di Surakarta, sebagaimana siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu, 22 April.

Dalam pertemuan itu, Prabowo disambut oleh keluarga Presiden Jokowi termasuk anak sulungnya yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. "Kalau lebaran biasanya anak buah itu sowan atau lebaran kepada pemimpin," tegasnya.

"Beliau pimpinan saya, beliau Presiden, panglima tertinggi, saya menteri beliau, jadi sudah saya kira berapa kali juga saya kalau Lebaran ke beliau," sambung Menteri Pertahanan (Menhan) itu.

Setelah melakukan perbincangan, Prabowo juga diajak makan oleh Jokowi. Pembicaraan di meja makan itu juga tak jauh dari urusan pertahanan.

"Ini Lebaran, tadi kita diajak makan ya kita bicara. Saya juga lapor saya sempat waktu beliau di Eropa saya juga di Eropa. Saya juga bertemu beberapa tokoh di situ, saya lapor perkembangan berurusan dengan pertahanan kita dan sebagainya,” ujar Prabowo.