Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo resmi menjadi calon presiden (capres) yang diusung oleh PDI Perjuangan (PDIP). Pengumuman ini disampaikan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis, Bogor pada Jumat, 21 April.

Selain PDIP ada dua partai lain yang memberikan dukungan bagi si rambut putih ini. Siapa saja mereka?

1. Partai Hanura

Partai non-parlemen ini secara resmi memberikan dukungan kepada Ganjar pada Sabtu, 22 April kemarin. Alasannya, siapapun calon yang didukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) mereka akan ikut.

"Dalam hari ulang tahun Partai Hanura Tahun 2022, kami menyatakan akan menentukan (bakal capres) yang dicalonkan dan menjadi pilihan beliau (Presiden Joko Widodo). Saya ikut mendukung Ganjar," kata Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang atau akrab disapa Oso di Jakarta, Sabtu, 22 April.

Oso bilang keputusan ini telah disepakati seluruh DPD Partai Hanura. Setelah ini, mereka akan membuka komunikasi dengan Ganjar.

"Kami sudah koordinasi dengan DPD Partai Hanura, mereka serempak menyambut dan setuju mendukung Ganjar Pranowo. Kalau mendukung jangan setengah-setengah, karena harus pakai hati nurani," ungkapnya.

2. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

Partai ini sejak Oktober 2022 sudah mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden di Pilpres 2024. Dukungan ini dipilih berdasarkan hasil forum Rembuk Rakyat yang diselenggarakan pada Februari 2022.

"Dari hasil Rembuk Rakyat itu kami mengumumkan bahwa Partai Solidaritas Indonesia akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon presiden PSI di tahun 2024," kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie saat itu.

"Pak Ganjar atau akrab kami sapa Mas Ganjar unggul dibandingkan kandidat lain," sambungnya.

Adapun kandidat yang muncul dalam forum tersebut adalah Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Tak hanya itu, dukungan juga diberikan karena PSI menganggap visi dan misi partainya sejalan dengan pergerakan Ganjar Pranowo. "Selain itu PSI juga melihat Mas Ganjar sebagai sosok yang paling pas untuk melanjutkan kerja-kerja yang selama ini sudah dilakukan Pak Jokowi dalam memajukan Indonesia," ujar Grace.